Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Obat Pada Apotek Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Apotek Intan Sari Kota Padang)

Yolanda, Apricilia (2021) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Obat Pada Apotek Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Apotek Intan Sari Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
tugas akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Apotek memiliki cukup banyak supplier dalam memasok obat. Apoteker yang berperan sebagai pemberi keputusan pada pemilihan supplier, masih mengalami kesulitan dalam menentukan alternatif terbaik yang dipilih berdasarkan kriteria penentu yang telah ditetapkan. Kriteria yang ditetapkan oleh Apoteker adalah harga, jatuh tempo pembayaran, expired date obat, kecepatan pengiriman, diskon, pelayanan, pengemasan, dan retur. Serta 4 (empat) sampel produk obat terpilih, yaitu obat Paracetamol 500 mg tablet, obat Methyl Prednisolone 4 mg, obat Ambroxol 15 mg/15 ml, dan obat Ambroxol Tab 30 mg dan 6 (enam) supplier untuk dibandingkan yang dijadikan sebagai alternatif supplier, yaitu Lima Jaya Farmatama, Talang Gugun Sari Nusantara, Putri Acilia Pharmasi, Kimia Farma, Indofarma Global Medika, dan Millenium Pharmacon International. Oleh karena itu, apotek membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam memilih supplier obat terbaik secara akurat berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini diambil studi kasus pada Apotek Intan Sari Kota Padang. Penentuan dalam pemilihan supplier obat di apotek ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan prioritas atau ranking dari setiap alternatif. Hasil yang diharapkan dari pembangunan sistem pendukung keputusan pemilihan supplier obat di apotek ini adalah memudahkan apoteker dalam memilih supplier yang terekomendasi dan memenuhi kriteria kelayakan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: SPK, Apotek, Supplier Obat, AHP
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:29
Last Modified: 01 Sep 2021 07:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78805

Actions (login required)

View Item View Item