Simulasi Studi Pengontrolan Frekuensi Pada Generator Induksi dengan Mengatur Aliran Daya Menggunakan Bidirectional Converter

Wahyu, Rizki Muslyadi (2021) Simulasi Studi Pengontrolan Frekuensi Pada Generator Induksi dengan Mengatur Aliran Daya Menggunakan Bidirectional Converter. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Absrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
laporan TA wahyu rizki muslyadi_1610951036.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Generator induksi merupakan salah satu jenis mesin AC yang beroperasi menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. generator induksi banyak digunakan pada pembangkit dengan skala kecil seperti PLTMH. Generator induksi digunakan dikarenakan memiliki sejumlah kelebihan diantaranya perawatan mudah,harga murah dan konstruksi kuat serta mudah dalam pengoperasianya. Generator induksi biasanya dilengkapi dengan ELC agar frekuensi keluaran generator tetap berada pada batas aman ketika terjadi perbuhaan pada beban. Batas aman yang ditetapkan berkisaran antara 49.8-50.2 Hz. ELC bekerja dengan menyeimbangkan antara daya keluaran generator dengan daya yang dibutuhkan oleh beban dengan cara membuang daya yang berlebih ke beban tambahan. Namun hal tersebut menyebabkan daya terbuang sia-sia. Agar daya tersebut tidak terbuang sia-sia maka pada penelitian ini dirancang suatu simulasi sistem yang dapat menjaga frekuensi generator tetap berada pada batas normal frekuensi tanpa harus membuang daya yang berlebih. Sistem ini dinamakan bidrectional converter. Converter ini menerapkan prinsip kerja dari PWM rectifier yang mana aliran dayanya dapat bekerja secara dua arah. Dengan menerapkan prinsip kerja tersebut bidirectional converter dapat beroperasi sebagai inverter dan rectifier. Pada sistem ini beban tambahan diganti dengan baterai. Fungsi baterai disini sebagai media penyimpanan daya sementara. Dari hasil simulasi, didapatkan frekuensi generator berada pada rentang 49.99 – 50 Hz ketika terjadi perubahan pada beban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Ir.Refdinal Nazir,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Bidirectional converter, PWM rectifier, generator induksi, ELC
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:09
Last Modified: 12 Aug 2021 02:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78012

Actions (login required)

View Item View Item