EFEK PEMBERIAN EKSTRAK KATEKIN GAMBIR (Uncaria gambir R.) TERHADAP REEPITELISASI DALAM PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II TIKUS (Rattus novergicus) PADA FASE PROLIFERASI

Nur, Muhammad Ilham (2021) EFEK PEMBERIAN EKSTRAK KATEKIN GAMBIR (Uncaria gambir R.) TERHADAP REEPITELISASI DALAM PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II TIKUS (Rattus novergicus) PADA FASE PROLIFERASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
Bab VII Penutup.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Luka bakar adalah sebuah masalah serius di bidang kesehatan, baik di negara berkembang maupun negara maju. Cepat lambatnya proses penyembuhan luka, selain dari faktor internal, juga dipengaruhi oleh zat-zat anti inflamasi yang terkandung di dalam obat yang diberikan selama perawatan luka bakar. Tanaman tradisional telah diteliti memiliki potensi untuk menyembuhkan luka, salah satunya Gambir (Uncaria gambir Roxb). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efek pemberian ekstrak katekin gambir (Uncaria gambir Roxb.) terhadap penyembuhan luka bakar tikus (Rattus novergicus). Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan rancangan post-test only control group design yang menggunakan hewan coba tikus (Rattus novergicus) sebagai objek penelitian. Terdapat 18 ekor tikus (Rattus novergicus) sebagai subjek penelitian yang dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok kontrol (K) menggunakan vaselin falvum, kelompok perlakuan 1 (P1) menggunakan ekstrak katekin gambir konsentrasi 45%, dan kelompok perlakuan 2 (P2) menggunakan ekstrak katekin gambir 35%. Masing-masing kelompok terdiri dari enam (6) ekor tikus. Plat logam (1,5 cm x 1,5 cm) yang dipanaskan digunakan untuk membuat luka bakar pada bagian dorsal tikus (Rattus novergicus). Besar persentase pengerutan diameter luka diukur setiap hari dari hari pertama hingga hari ke dua puluh satu. Persen penyembuhan luka didapatkan dari pengamatan langsung pada permukaan luka. Data yang didapat dianalisis menggunakan ANOVA dan selanjutnya uji LSD. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan signifikan dengan p < 0,05. Uji LSD menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada minggu ke tiga perlakuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak katekin gambir memberikan efek yang signifikan (p < 0,05) terhadap pengerutan diameter luka pada penyembuhan luka bakar tikus percobaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Miftah Irrahmah, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: ekstrak katekin gambir, penyembuhan, reepitelisasi, luka bakar
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:16
Last Modified: 19 Jul 2021 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77835

Actions (login required)

View Item View Item