Inanda, Dwi Putri (2021) Hubungan Karakteristik Individu, Beban Kerja dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja pada Guru SLB di Kota Padang Panjang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover_Abstrak.pdf - Published Version Download (379kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab 6 Kesimpulan Saran.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
|
Text (skripsi fulltext)
Skripsi full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan. Aktivitas mengajar pada SLB sering dianggap sumber stres bagi guru karena banyaknya tuntutan tugas seperti mengenali keterampilan anak dan membuat anak mandiri. Survei nasional Council for Exeptional Children terhadap 1000 guru pendidikan khusus menyimpulkan kualifikasi kerja buruk berpengaruh terhadap angka guru berhenti kerja akibat stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur, masa kerja, beban kerja dan dukungan sosial dengan stres kerja pada Guru SLB di Kota Padang Panjang. Metode. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada September 2020 hingga Juni 2021 dengan populasi 59 orang. Keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan metode total sampling. Pengolahan data dilakukan univariat dan bivariat. Analisis data dengan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil. Hasil penelitian menunjukkan 45,8% guru mengalami stres kerja berat, 39% berusia >45tahun, 52,5% masa kerja lama, 55,9% beban kerja berat, 49,2% dukungan sosial kurang baik. Hasil uji statistik didapatkan hubungan umur (p-value=0,017), beban kerja (p-value=0,002) dengan stres kerja. Tidak ada hubungan masa kerja (p-value=0,343), dukungan sosial (p-value=0,703) dengan stres kerja. Kesimpulan. Terdapat hubungan umur dan beban kerja dengan stres kerja guru SLB di Kota Padang Panjang. Diharapkan pembagian beban kerja sesuai kemampuan guru dan mengadakan sharing hearing untuk menjalin komunikasi antar guru. Kata Kunci : Guru, Sekolah Luar Biasa, Stres Kerja
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Fea Firdani, SKM., MKM |
Uncontrolled Keywords: | Guru, Sekolah Luar Biasa, Stres Kerja |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 07:24 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 08:00 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77521 |
Actions (login required)
View Item |