Atika Rizki Khairini, Ardya (2021) PENGADAAN TANAH UNTUK PEMBANGUNAN SEKOLAH DASAR NEGERI 23 KOTA SOLOK DI KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Updated Version Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (436kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (117kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sebagai perwujudan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Alinea IV yang menegaskan negara bertanggung jawab dalam “memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa”. Oleh sebab itu, dalam pengimplikasian yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang, pemerintah mewuujudkannya dengan memberikan pendidikan secara menyeluruh dan merata ke pelosok Indonesia. Pemerintah berkewajiban dalam menyediakan fasilitas sarana Pendidikan dengan penyediaan gedung persekolahan. Namun dalam hal penyediaan lahan, seringkali pemerintah mengalami kesulitan yang diakitbatkan padatnya pembangunan di perkotaan. Semakin tingginya laju pertumbuhan penduduk mengakibatkan keterbatasan lahan yang dimiliki pemerintah, maka solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan dilakukan pengadaan tanah. Pengadaan tanah merupakan proses untuk mendapatkan tanah atas tanah milik orang lain dengan tetap memperhatikan kemanfaatan bagi pemilik tanah, maka pemerintah melaksanakan pengadaan tanah dengan mempertimbangkan peraturan dasar yaitu Undang-undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum. Dalam pelaksanaannya kerap timbul berbagai permasalahan terkait proses pengadaan tanah tersebut. Permasalahan yang menjadi objek penelitian yaitu (1) Apakah masyarakat yang terdampak dalam pengadaan tanah bersedia melepaskan tanahnya, (2) Bagaimana proses penyelenggaraan pengadaan tanah untuk pembangunan sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis ataupun empiris. Selanjutnya jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer adalah data yang diperoleh melalui penelitian lapangan dan data sekunder, sumber data sekunder mencakup bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan bahwa, dalam pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan sekolah baru telah dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta terpenuhnya kepastian hukum bagi pemilik tanah yang tanah nya telah dilakukan pengalihan hak, atas tanah. Selanjutnya dalam pelaksanaan pengadaan tanah ini mengalami sedikit kendala seperti tingginya permintaan ganti rugi oleh pemilik tanah sehingga dilakukan berkali-kali musywarah untuk mendapatkan kesepakatan besaran ganti rugi. Kata Kunci : Pengadaan Tanah, Sekolah, Kepentingan Umum
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Yuslim, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 06:52 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 06:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77404 |
Actions (login required)
View Item |