Muhammad, Reyhan (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA DANA PENSIUN SEMEN PADANG OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (388kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaturan tentang perlindungan konsumen di Indonesia secara umum diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam perkembangannya, upaya perlindungan konsumen juga dilaksanakan oleh suatu lembaga independen yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UUOJK). Salah satu pelaku usaha jasa keuangan yang diatur dan diawasi oleh OJK yaitu Dana Pensiun Semen Padang. Permasalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap peserta Dana Pensiun Semen Padang oleh Otoritas Jasa Keuangan dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap peserta Dana Pensiun Semen Padang dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang menggambarkan, menelaah, dan menganalisis suatu peraturan hukum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yakni: Bentuk perlindungan hukum terhadap peserta Dana Pensiun Semen Padang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan yang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu perlindungan hukum secara preventif yaitu OJK mengeluarkan POJK No. 1/POJK 07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, OJK melakukan pengawasan secara berkala kepada Dana Pensiun Semen Padang dalam segala kegiatannya, serta transparasi informasi dalam pengelolaan dana Investasi, Dalam hal perlindungan hukum represif yaitu penyelesaian pengaduan secara internal antara peserta dan Dana Pensiun Semen Padang (Internal Dispute Resolution) dan penyelesaian sengketa melaui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (External Dispute Resolution). OJK juga dapat memfasilitasi sengketa. Kendala yang dihadapi adalah Peserta ataupun masyarakat belum memahami peran dan fungsi OJK sebagai suatu lembaga independen yang dihadirkan oleh Pemerintah untuk mengawasi dan memastikan hak-hak dari peserta di Dana Pensiun terlindungi. Peserta yang belum mengetahui prosedur dan tatacara menyampaikan keluhan ataupun pengaduan kepada Dana Pensiun maupun meminta fasilitasi penyelesaian sengketa kepada OJK. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Peserta Dana Pensiun, Otoritas Jasa Keuangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Dahlil Marjon, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 07:08 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 07:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76343 |
Actions (login required)
View Item |