MUHAMMAD, RAFII EDRIA (2021) ANALISIS JARINGAN MODAL SOSIAL KOPI BUKIT APIT STUDI DI KECAMATAN GUGUK PANJANG, KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (COVER ABSTRAK)
WATERMARK ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (PENDAHULUAN)
WATERMARK BAB1 PENDAHULUAN-dikonversi.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (PENUTUP)
WATERMARK BAB 4 PENUTUP-dikonversi.pdf - Published Version Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
WATERMARK DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version Download (95kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
WATERMARK SKRIPSI FULLTEXT-dikonversi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji bagaimana kopi Bukit Apit yang dulu dikenal luas, kini malah tidak mendapat tempat di kotanya sendiri yang saat ini tren kopi tengah bermunculan. Penelitian ini memfokuskan untuk melihat alasan mengapa kopi Bukit Apit ini tidak bisa diterima oleh pasar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kenapa kopi Bukit Apit tidak mendapatkan tempat di kotanya sendiri. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, penulis menggunakan teori rantai nilai Porter untuk melihat bagaimana proses barang masuk hingga menjadi barang jadi. Sehingga bisa terlihat bagaimana proses rantai yang terjadi pada proses tersebut. Kemudian penulis juga menggunakan teori modal sosial untuk menemukan mengapa ada rantai yang tidak terhubung. Sehingga bisa mendapatkan gambaran jelas apa yang terhubung dan tidak didalam rantai produksi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode ini dipilih karena dirasa dapat memberikan gambaran pada proses produksi kopi Bukit Apit dan dapat mengetahui masalah yang dihadapi produsen. Penelitian ini berfokus pada tujuan untuk mengetahui kenapa kopi Bukit Apit tidak dapat diterima oleh pasar, yang pasar untuk kopi saat ini didominasi oleh kafe. Dari penelitian ini diketahui bahwa kopi Bukit Apit tidak mendapatkan tempat di kotanya sendiri, dikarenakan produsen tidak dapat menyesuaikan dengan pasar, yang dalam hal ini kafe. Selain itu diketahui bahwa tidak terjalinnya rantai atau hubungan antara produsen dengan kafe dikarenakan tidak adanya rasa saling percaya. Diketahui bahwa kepercayaan baru bisa muncul jika hubungan antar pihak saling mendapatkan keuntungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Bob Alfiandi, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kopi, Modal Sosial, Rantai Nilai |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 18 May 2021 04:02 |
Last Modified: | 18 May 2021 04:02 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75303 |
Actions (login required)
View Item |