SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (Studi Perbandingan Laki-laki dan Perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas)

FIRMA, DESRA (2013) SELF-REGULATED LEARNING MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (Studi Perbandingan Laki-laki dan Perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
397.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Pada dasarnya, laki-laki memiliki kemampuan lebih luas dalam menganalisis, pemecahan masalah, dan menyusun strategi dibandingkan perempuan. Perbedaan mendasar ini akan berpengaruh pada proses pembelajarannya. Problem based learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, yang menuntut mahasiswa melakukan perencanaan (planning), memantau (monitoring) dan mengevaluasi (evaluating), yang dapat menunjang aspek self regulation dalam proses belajar. Self-regulated learning adalah sebuah proses peserta didik mengaktifkan dan mengorganisasikan kognisi, perasaan dan perilakunya secara sistematis dan berorientasi pada pencapaian suatu tujuan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat komparatif yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan self-regulated learning mahasiswa laki-laki dan perempuan yang menggunakan metode pembelajaran problem based learning di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa laki-laki dan perempuan di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan jumlah sampel penelitian adalah 160 orang. Penelitian ini menggunakan skala self-regulated learning yang disusun berdasarkan teori Zimmerman dan Martinez-Pons (2000). Nilai reliabilitas skala self-regulated Learning sebesar 0,923 dan terdiri dari 39 item. Analisa penelitian menggunakan komparasi t-test. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam penggunaan self-regulated learning antara laki-laki dan perempuan yang menggunakan metode problem based learning (t = 2,036 dengan ρ < 0.05, p=0,043). Kata kunci : self-regulated learning, problem based learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 04 May 2016 03:29
Last Modified: 04 May 2016 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7503

Actions (login required)

View Item View Item