Ryzki, Aulia Rahmi (2021) Dominasi Astra Honda Motor dalam Industri Sepeda Motor di Indonesia Melalui Indonesia Jepang Economic Partnership Agreement (IJEPA). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
2. Bab 1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir)
3. Bab akhir.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (344kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Full Draft Ryzki Aulia Rahmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
IJEPA merupakan perjanjian perdagangan antara Indonesia dan Jepang untuk memperluas pasar dan melakukan kerja sama ekonomi. Salah satu sektor yang dibahas dalam IJEPA adalah sektor industri otomotif yang mendapat kemudahan preferensi tarif bea masuk. Fasilitas ini dimanfaatkan oleh Astra Honda Motor hingga memunculkan dominasi. Dalam IJEPA, Jepang mendapatkan kemudahan dari Indonesia berupa User Spesific Duty Free Scheme yaitu penurunan tarif bea masuk sektor industri sebanyak 40%. Bagi Indonesia mendapat kemudahan berupa Manufacturing Industry Development Center (MIDEC) yaitu bantuan pengembangan sektor industri dengan melibatkan perusahaan otomotif Astra Honda Motor. Dalam pelaksanaannya, MIDEC tidak berjalan dengan semestinya dimana tidak terjadi transfer teknologi seperti yang dijanjikan dalam kesepakatan IJEPA. Sedangkan bagi Jepang mendapat keuntungan lebih besar berupa berhasilnya dominasi Astra Honda Motor sebagai representatif sepeda Motor Honda Japan. Dominasi ini membuat terhambatnya pengembangan industri sepeda motor lokal. Hal ini menunjukkan bahwa kesepakatan IJEPA dalam sektor industri otomotif hanya menguntungkan bagi pihak Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dominasi produk Astra Honda Motor terhadap industri otomotif sepeda motor di Indonesia dan kaitannya dengan korporat asing dalam persaingan pasar industri otomotif sepeda motor di Indonesia dengan pemanfatan kerangka IJEPA. Penelitian ini menggunakan kerangka berpikir corporate dominant theory yang dapat dilihat dari tiga faktor yaitu company power elite, uncontrolled power dan different resources. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan eksplanatif menggunakan data sekunder. Penelitian ini menemukan bahwa dalam melakukan dominasinya di pasar sepeda motor Indonesia, Astra Honda Motor sangat memanfaatkan preferensi tarif dalam IJEPA sehingga dominasinya membuat perkembangan speeda motor dalam negeri menjadi terhambat. Kata Kunci : Dominasi, IJEPA, Astra Honda Motor, Corporate Dominant Theory, Indonesia, Jepang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Zulkifli Harza, S.IP, M.Soc. Sc, Ph.D |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | s1 ilmu hubungan internasional |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 07:49 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 07:49 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74585 |
Actions (login required)
View Item |