Hubungan Tingkat Depresi Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Angkatan 2017-2020

Nur, Fatimah Maharani (2021) Hubungan Tingkat Depresi Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Angkatan 2017-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover abstrak.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup .pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Depresi merupakan gangguan mental umum yang memiliki gambaran perasaan tertekan, kehilangan minat, tidak ada energi, perasaan bersalah, adanya gangguan pada tidur atau selera makan, serta konsentrasi yang buruk. Depresi merupakan salah satu penyebab disabilitas terbesar di dunia karena dapat mengganggu pekerjaan, aspek sosial, dan fungsi fisiologis seseorang. Mahasiswa kedokteran berisiko dalam mengidap depresi karena terdapat berbagai tekanan yang dihadapi dalam masa studinya. Salah satu gejala depresi yang kerap ditemui adalah gangguan pada tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat depresi dengan kualitas tidur pada mahasiswa Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, angkatan 2017-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat analitik dan menggunakan pendekatan cross sectional/potong lintang. Pengukuran tingkat depresi dan kualitas tidur dilakukan menggunakan kuesioner online. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, angkatan 2017-2020. Penelitian dilakukan pada bulan April 2020 – April 2021. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 332 responden penelitian, didapatkan tingkat depresi didominasi oleh kategori ringan sejumlah 181 orang (54,5%), kualitas tidur didominasi oleh kategori buruk sejumlah 215 orang (64,8%), dan nilai signifikasi yaitu ρvalue = 0,000 yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dan kualitas tidur pada mahasiswa Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, angkatan 2017-2020.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yaslinda Yaunin, Sp.KJ
Uncontrolled Keywords: tingkat depresi, kualitas tidur, mahasiswa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:57
Last Modified: 20 Apr 2021 04:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74349

Actions (login required)

View Item View Item