DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN SANKSI PIDANA PENJARA TERHADAP PENGGUNA NARKOTIKA (STUDI DI PENGADILAN NEGERI KELAS IA PADANG)

Iva, Yunivon Soraya (2021) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN SANKSI PIDANA PENJARA TERHADAP PENGGUNA NARKOTIKA (STUDI DI PENGADILAN NEGERI KELAS IA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara hukum, yang mana secara konstitusional telah disebutkan pada Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945. Indonesia sebagai negara hukum memiliki ciri-ciri dan tujuan tersendiri yang mana terlihat dari penerapan konsep atau bentuk negara hukum yang dianutnya. Adanya hukum bertujuan untuk menciptakan kedamaian pada hidup masyarakat, dan meminimalkan terjadinya tindak pidana. Tetapi tujuan dari hukum itu tidak terlaksana dengan semestinya di Indonesia saat ini. Tindak pidana narkotika sangat marak terjadi. Pengaturan terhadap narkotika telah ada di atur didalam Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Tujuannya untuk melakukan penegakan hukum agar tidak terjadi tindak pidana narkotika. Kasus tindak pidana narkotika di Indonesia saat ini sangat tinggi, hal itu memiliki dampak buruk terhadap lapas yang ada di Indonesia yaitu terjadinya over kapasitas Lapas. Pada Pasal 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika pada ayat (1) disebutkan bahwa sanksi untuk penyalahguna narkotika adalah pidana penjara, namun pada ayat 2 dan 3 di sebutkan lagi kalau hakim wajib memberikan rehabilitasi sosial atau medis terhadap penyalahguna narkotika. Namun praktek dilapangan banyaknya putusan hakim yang menjatuhkan sanksi pidana penjara. Oleh karena itu yang menjadi persoalan dalam penelitian ini antara lain: 1) Apa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara terhadap pengguna narkotika? 2) Bagaimana pertimbangan hakim tidak memeberikan rehabilitasi terhadap pengguna narkotika di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang? Adapun penelitian ini mengguanakan metode yuridis sosiologi (empiris) yang bersifat deskriptif, mengguanakan jenis data primer dan jenis data sekunder, seumber data didapatkan oleh penulis dari penelitian lapangan dan kepustakaan, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penjatuhan sanksi pidana penjara terhadap penyalahguna narkotika berdasarkan pada tuntutan dari jaksa pentuntu umum, selain itu terdapat kelemahan-kelemahan pada undang-undang narkotika, yang mana ada ke tidak seimbangan antara pasal 127 ayat (1) dengan ayat (2),(3). Kata Kunci: Narkotika, Rehabilitasi dan Penyalahguna Narkotika

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tenofrimer, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 06 Apr 2021 03:38
Last Modified: 06 Apr 2021 03:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73949

Actions (login required)

View Item View Item