PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN KAPAL DI PT SEMEN PADANG

VIVI, YUNITA KHALID (2014) PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN KAPAL DI PT SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411071434th_vivi yunita khalid 0910932025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Konsumsi semen nasional di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hingga akhir tahun 2013 konsumsi semen nasional diperkirakan mencapai 60 juta ton. PT Semen Indonesia Tbk masih mendominasi pasokan semen untuk kebutuhan nasional dengan nilai sebesar 43%-44%. Grup semen ini terdiri dari PT Semen Gresik, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa. PT Semen Padang dengan kapasitas produksi 6,4 juta ton/tahun berhasil menguasai 50% pasar untuk pulau Sumatera dan 12,97% untuk pulau Jawa. Proses distribusi Semen yang dilakukan PT Semen Padang memanfaatkan jalur darat dan laut. Pendistribusian melalui jalur laut menghadapi banyak masalah ketidakpastian sehingga perusahaan dituntut untuk melakukan penjadwalan secara cepat dan tepat. Upaya dalam memenangkan kompetisi yang semakin meningkat dari perusahaan sejenis maka perusahaan perlu menyusun sistem pendukung keputusan penjadwalan dalam mengambil keputusan perencanaan pengiriman pendistribusian produk. Hal ini sejalan dengan upaya riset operasi dalam mencari cara optimum untuk mengambil keputusan dari sebuah masalah dengan sumber daya yang terbatas. Pengembangan algoritma penyelesaian dimulai dari perhitungan total biaya transportasi dan penalti dari pengolahan data acuan yang terdiri dari jumlah kapal pelabuhan tujuan, biaya sewa kapal, spesifikasi kapal, waktu loading dan unloading kapal, serta jarak pelabuhan tujuan. Kemudian dilakukan formulasi penjadwalan menggunakan programa linier. Hasil perhitungan tersebut akan menjadi dasar untuk melakukan perancangan sistem pendukung keputusan. Implementasi sistem pendukung keputusan dilakukan dengan melakukan input posisi kapal dan persediaan semen di masing-masing pelabuhan tujuan. Setelah rancangan sistem diimplementasikan maka selanjutnya dilakukan analisis terhadap hasil penjadwalan kapal yang diperoleh. Berdasarkan hasil perhitungan solver dengan data acuan 2 September 2014 diperoleh total biaya transportasi kapal semen curah Rp 8.265.484.800. Kata Kunci: penjadwalan kapal, programa linier, sistem pendukung keputusan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 04 May 2016 02:07
Last Modified: 04 May 2016 02:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item