ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BADAN PENANAMAN MODAL SERTA PENGARUH PMA DAN PMDN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

Fajri, Ardiansyah (2020) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA BADAN PENANAMAN MODAL SERTA PENGARUH PMA DAN PMDN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text
5. Tesis FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja Badan Penanaman Modal Daerah di Indonesia dan menguji pengaruh PMA dan PMDN terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini dilakukan pada 34 BPMPTSP di seluruh Provinsi di Indonesia selama tahun 2015-2018. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa target dan realisasi PMA, PMDN, dan pertumbuhan ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata jumlah realisasi penanaman modal setiap daerah, pertumbuhan rata-rata penanaman modal (Rasio CAGR), dan rata-rata rasio capaian target penanaman modal (Rasio efektivitas). Untuk menguji pengaruh PMA dan PMDN terhadap pertumbuhan ekonomi menggunakan analisis regresi. Hasil analisis rata-rata jumlah realisasi PMA menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan daerah dengan kinerja terbaik, sedangkan untuk rata-rata jumlah realisasi PMDN, Provinsi Jawa Timur adalah daerah dengan kinerja terbaik. Provinsi Sulawesi Barat adalah daerah dengan kinerja terbaik ditinjau dari pertumbuhan rata-rata PMA, sedangkan Provinsi Maluku daerah dengan kinerja terbaik ditinjau dari pertumbuhan rata-rata PMDN. Berdasarkan rata-rata rasio capaian target penanaman modal, Sulawesi Utara adalah daerah dengan kinerja terbaik. Capaian kinerja di atas menunjukkan hasil kerja kebijakan Jokowi untuk meningkatkan pemerataan pembangunan ekonomi. Walaupun dari segi jumlah PMA dan PMDN belum mampu mengalahkan kinerja Pulau Jawa, namun dari segi pertumbuhan rata-rata pertahun dan capaian realisasi, kinerja di non Pulau Jawa adalah lebih baik. Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh PMA dan PMDN secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil Uji t menunjukkan bahwa secara parsial PMA dan PMDN berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, S.E., M.Si., Ak., CA
Uncontrolled Keywords: Badan Penanaman Modal, Kinerja, Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri dan Pertumbuhan Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 17 Mar 2021 07:56
Last Modified: 17 Mar 2021 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73472

Actions (login required)

View Item View Item