Perancangan Pengendalian Kursi Roda Menggunakan Flex Sensor dengan Pemanfaatan Pergerakan Gestur Tangan dengan Metode Agglomerative Hirarchical Clustering

Fiqi, Rahmadani (2021) Perancangan Pengendalian Kursi Roda Menggunakan Flex Sensor dengan Pemanfaatan Pergerakan Gestur Tangan dengan Metode Agglomerative Hirarchical Clustering. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Skirpsi Full Text)
Skirpsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Disabilitas atau penyadang cacat adalah keadaan keterbatasan diri, dapat berupa fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional dan lainnya. Penyandang disabilitas, bisa diakibatkan karena kecelakaan, penyakit, bencana alam ataupun akibat cacat pada saat kelahiran sehingga memerlukan alat bantu untuk berjalan. Kursi roda adalah alat yang digunakan untuk membantu orang yang mengalamai kesulitan berjalan, ada beberapa jenis yaitu kursi roda normal atau konvesional dan kursi roda elektrik dengan (joystick). Pemakaian kursi roda konvesional bagi penyadang disabilitas penggunaan tidak efesien dan nyaman. Sementara penyandang disabilitas juga tidak bisa memakai kursi roda elektrik (joystick) jika tidak memiliki jari tangan dan kaki. Oleh karena itu, pada penelitian akan dirancang sebuah sistem pengendalian kursi roda menggunakan flex sensor yang diletakkan pada pergelangan tangan untuk menggerakkan perintah maju, mundur, belok kanan, belok kiri dan berhenti. Metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan pengolahan data adalah metode Agglomerative Hirarchical Clustering. Hasil pengujian metode didapatkan akurasi 100% dan pada pengujian langsung kekauratan sistem terhadap arah kursi roda didapatkan akurasi sebesar 98,88%. Kata kunci: disabilitas, Kursi Roda, Flex Sensor, Agglomerative Hierachical Clustering.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng.Muhammad Ilhamdi Rusydi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:56
Last Modified: 25 Feb 2021 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72537

Actions (login required)

View Item View Item