PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG IKAN DENGAN METODE PENGOLAHAN DAN JENIS IKAN YANG BERBEDA TERHADAP BOBOT TELUR, KUALITAS KERABANG DAN TULANG TIBIA TERNAK PUYUH

Ikhsan, Ikhsan (2020) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG IKAN DENGAN METODE PENGOLAHAN DAN JENIS IKAN YANG BERBEDA TERHADAP BOBOT TELUR, KUALITAS KERABANG DAN TULANG TIBIA TERNAK PUYUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pengunaan tepung ikan dengan metoda pengolahan dan jenis ikan yang berbeda terhadap bobot telur, kualitas kerabang, bobot potong, bobot karkas, panjang dan diameter tulang tibia puyuh petelur.Penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 2x3x3.Faktor A adalah 2 metoda pengolahan (jemur dan kukus). Faktor B adalah 3 jenis ikan: ikan peperek (Leiognathus splendes), sarden (Sardinella fibriata), dan tongkol (Euthynnus affinis).Setiap perlakuan terdiri atas 3 ulangan.Sebagai perlakuan adalah ransum basal yang ditambahkan tepung ikan sebanyak 5% dari produk yang berbeda pengolahan dan jenis ikannya.Penelitian dilakukan selama 28 hari. Parameter yang diukur antara lain: bobot telur, bobot kerabang, persentase kerabang, tebal kerabang, bobot potong, bobot karkas, bobot, panjang dan diameter tualng tibia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung ikan dalam ransum p¬¬uyuh dengan metoda pengolahan dan jenis ikan berbeda tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot telur, kualitas kerabang, bobot potong dan karkas. Perbedaan pengolahan dan jenis ikan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot tulang tibia segar. Bobot tulang tertinggi ditemukan pada puyu yang diberi ransum dengan tepung ikan sarden yang proses melalui penjemuran. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa ikan limpahan dapat langsung dikeringkan tanpa perlu dikukus sebelum digiling. Kata kunci: ikan, tepung ikan, bobot telur, kualitas kerabang, tulang tibia dan puyuh petelur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. H. Khalil, M.Sc dan Dr. Montesqrit, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Feb 2021 03:21
Last Modified: 19 Feb 2021 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72414

Actions (login required)

View Item View Item