Analisis Penggunaan Aplikasi SISKEUDES dalam Upaya Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Desa (Studi pada Desa Agung Koto Iman, Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi)

NABILA, HANUN (2021) Analisis Penggunaan Aplikasi SISKEUDES dalam Upaya Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Desa (Studi pada Desa Agung Koto Iman, Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full text Draft Skripsi_Nabila Hanun 1710532038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan keuangan desa dengan penggunaan aplikasi Siskeudes dan penerapan tahapan pengelolaan yang sesuai dengan Permendagri No.113 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan kepatuhan kepada Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa pada Desa Agung Koto Iman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung penggunaan aplikasi Siskeudes. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan pengelolaan keuangan Desa Agung Koto Iman telah sesuai dengan Permendagri No.113 tahun 2014 dan telah mematuhi Undang-Undang No.6 Tahun 2014. Desa Agung Koto Iman telah menjalankan proses penginputan dan pelaporan keuangan desa secara teratur dengan pertanggungjawaban prinsip keuangan Desa. Namun, terdapat permasalahan kepatuhan yang tidak sesuai yaitu Bendahara tidak melaporkan LRAPBDes setiap bulan kepada Kepala Desa, dan Pelaporan LRAPBDes yang harusnya dilaporkan setiap semester namun digabung dalam satu tahun. Penggunaan Aplikasi Siskeudes telah mampu dalam perwujudan Akuntabilitas keuangan Desa yang mana memudahkan penatausahaan setiap transaksi yang ada dan dapat ditelusuri dengan baik sehingga hal ini mendorong pelaporan pertanggungjawaban dengan kualitas yang baik, dan pelaporan dapat dihasilkan sesuai waktu yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FIRDAUS, S.E, M.Si, Ak.
Uncontrolled Keywords: Siskeudes (Sistem Keuangan Desa), Pengelolaan, Akuntabilitas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:16
Last Modified: 17 Feb 2021 09:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72183

Actions (login required)

View Item View Item