HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERSEPSI AKSEPTOR KB DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR DINGIN KOTA PADANG

Josi, Noviani (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PERSEPSI AKSEPTOR KB DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI INTRA UTERINE DEVICE (IUD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR DINGIN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dan Tujuan Penelitian Tingginya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia maka pemerintah telah melakukan berbagai upaya salah satunya adalah program keluarga berencana (KB). Ada berbagai jenis kontrasepsi salah satunya IUD. IUD merupakan kontrasepsi yang efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun penggunaan kontrasepsi IUD diwilayah kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang masih rendah yaitu hanya sebanyak 1% dari seluruh akseptor KB aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan persepsi akseptor KB dengan pemilihan kontrasepsi IUD wilayah kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang. Metode Penelitian analitik dengan metode cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Air Dingin dari bulan September sampai Oktober 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah akseptor KB aktif yang menggunakan kontrasepsi IUD dan bukan IUD sebanyak 94 responden. Sampel diambil dengan teknik systematic random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p≤0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan 22 responden memilih kontrasepsi IUD (23,4%) dan 72 responden memilih kontrasepsi bukan IUD (76,6%). Hasil uji bivariat menunjukkan tidak adanya hubungan tingkat pendidikan (p=0,128), namun ada hubungan persepsi rasa aman IUD (p=0,000) dan persepsi kualitas Pelayanan Kontrasepsi (p=0,040). Kesimpulan Tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan pemilihan kontrasepsi IUD, namun terdapat hubungan bermakna antara persepsi rasa aman IUD dan kualitas pelayanan Kontrasepsi dengan pemilihan kontrasepsi IUD. Oleh sebab itu tenaga kesehatan berperan penting untuk memberikan pendidikan kesehatan sehingga meningkatkan pengetahuan mengenai kontrasepsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rafika Oktova, SST, M. Keb
Uncontrolled Keywords: KB, Kontrasepsi IUD, Tingkat Pendidikan, Persepsi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:52
Last Modified: 16 Feb 2021 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71856

Actions (login required)

View Item View Item