ARDIYAN, ARDIYAN (2014) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN DI POLI GIGI PUSKESMAS TIGOBALEH BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Full Text)
201411031724rd_skripsi ardiyan fkg unand1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar Belakang : Kualitas pelayanan merupakan suatu yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang di satu pihak dapat menimbulkan keinginan pasien untuk kembali memanfaatkan pelayanan kesehatan tersebut. Seiring dengan keadaan sosial masyarakat yang semakin meningkat dimana masyarakat semakin sadar akan kualitas, maka diperlukan peningkatan pelayanan kesehatan agar tercipta kesadaran dan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan. Puskesmas Tigobaleh merupakan salah satu Puskesmas di Kota Bukittinggi yang memiliki layanan kesehatan gigi dan mulut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap pemanfaatan yaitu dimensi wujud nyata, dimensi kehandalan, dimensi ketanggapan, dimensi jaminan dan dimensi empati terhadap pemanfaatan pelayanan di poli gigi Puskesmas Tigobaleh. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian survey analitik dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 92 responden sengan teknik proportional stratified random sampling. Analisa data menggunakan Uji somers dengan p< 0,05. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan dimensi wujud nyata, dimensi kehandalan, dimensi ketanggapan, dimensi jaminan dan dimensi empati pada kategori sedang. Secara statistik, terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi wujud nyata dengan pemanfaatan dengan nilai p=0,042, terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi kehandalan dengan pemanfaatan dengan nilai p=0,040, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi ketanggapan dengan pemanfaatan dengan nilai p=0,689, terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi jaminan dengan pemanfaatan dengan nilai p=0,000, terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi empati dengan pemanfaatan dengan nilai p=0,003 Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara dimensi wujud nyata, kehandalan, jaminan, empati terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Tidak terdapat hubungan antara dimensi ketanggapan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran Gigi |
Depositing User: | Mr Beni Adriyassin |
Date Deposited: | 03 May 2016 08:39 |
Last Modified: | 03 May 2016 08:39 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7133 |
Actions (login required)
View Item |