Nisa, Dwiana (2021) PERJANJIAN WARALABA KONSULTASI PEMASARAN DAN OPERASIONAL ANTARA PT.OYO ROOMS INDONESIA DENGAN HOTEL WISMA PADATI SYARIAH DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (357kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (325kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Berbagai sistem bisnis mulai bermunculan seiring perkembangan zaman dan teknologi, sistem bisnis yang sangat digemari saat ini adalah waralaba. Pengertian waralaba terdapat pada Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Waralaba memiliki beberapa bentuk salah satunya adalah waralaba format bisnis yaitu seorang pemegang waralaba memperoleh hak untuk memasarkan dan menjual produk atau pelayanan dalam suatu wilayah atau lokasi spesifik, dengan menggunakan standar operasional dan pemasaran. Waralaba format bisnis ini meliputi konsultasi pemasaran dan operasional serta investasi, jenis waralaba ini sering digunakan dibidang perhotelan, salah satunya adalah PT.OYO Rooms Indonesia. OYO akan bekerjasama dengan hotel-hotel kecil yang belum memiliki standar operasional dan manajemen hotel yang baik, dan memberikan investasi untuk penunjang perbaikan hotel agar sesuai dengan standar perhotelan dan nantinya hasil operasional hotel akan dibagi dengan OYO. Salah satu hotel kecil yang bekerjasama dengan OYO adalah Hotel Wisma Padati Syariah di Kabupaten Padang Pariaman, kerjasama ini dituangkan dalam perjanjian konsultasi pemasaran dan operasional antara OYO dengan Hotel Wisma Padati Syariah di Kabupaten Padang Pariaman. Berdasarkan pemaparan diatas, maka permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk perjanjian waralaba konsultasi pemasaran dan operasional antara OYO dengan Hotel Wisma Padati Syariah? 2) Bagaimana pelaksanaan perjanjian waralaba konsultasi pemasaran dan operasional antara PT.OYO Rooms Indonesia dengan Hotel Wisma Padati Syariah di Kabupaten Padang Pariaman? 3) Bagaimana penyelesaian apabila terjadi wanprestasi dalam perjanjian waralaba konsultasi pemasaran dan operasional antara PT.OYO Rooms Indonesia dengan Hotel Wisma Padati Syariah di Kabupaten Padang Pariaman? Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan masalah yuridis empiris dan menggunakan metode analisis kualitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu: 1) Bentuk perjanjian waralaba konsultasi pemasaran dan operasional antara OYO dengan Hotel Wisma Padati Syariah adalah perjanjian waralaba format bisnis yang dibuat tertulis dan bersifat baku. 2) Pelaksanaan perjanjian ini terdapat beberapa wanprestasi mengenai dana investasi dan bagi hasil. 3) Penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian ini ada 2 pilihan yaitu pertama menggunakan jalur musyawarah mufakat, dan kedua adalah jalur arbitrase, pada permasalahan di perjanjian ini para pihak memilih menggunakan jalur musyawarah mufakat yang hasil akhirnya dituangkan dalam addendum. Kata Kunci: Perjanjian Waralaba, Konsultasi Pemasaran dan Operasional, Wanprestasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Linda Elmis, S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 07:26 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 07:26 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71239 |
Actions (login required)
View Item |