KINERJA PUSKESMAS PAKAN KAMIS KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN

ROBI, SATRIA UTAMA (2013) KINERJA PUSKESMAS PAKAN KAMIS KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
507.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang Kinerja Puskesmas Pakan Kamis Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam dalam Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bidang pelayanan penting yang diberikan kepada masyarakat. hal ini dilakukan untuk meningkatkan taraf kesehatan bangsa. Puskesmas berperan sangat penting dalam proses pembangunan kesehatan. Puskesmas memiliki wilayah kerja masing masing dan dituntut untuk meningkatkan kinerja secara optimal untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan konsep kinerja yang dikemukakan oleh Agus Dwiyanto, kinerja organisasi pelayanan publik dapat diukur dengan menggunakan lima indikator yaitu ; produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Konsep ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana kinerja Puskesmas Pakan Kamis dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan tipe deskritif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Informan yang akan diwawancarai diambil dengan cara purposive sampling dan accidental sampling. Analisa data dilakukan dengan analisa data emik dan etik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Puskesmas Pakan Kamis, dilihat dari indikator Produktifitas dan kualitas layanan Puskesmas Pakan Kamis masih belum optimal dikarenakan kurang sumber daya manusia dari segi kuantitas dan kualitas. Kekurangan sumber daya manusia ini menyebabkan kurangnya produktifitas karena target kerja belum tercapai. Meskipun kegiatan sudah sesuai dengan program kerja dan prosedur yang ada, namun pencapaian target kerja dan sarana penunjang pelayanan masih belum optimal. Sedangkan untuk indikator responsisivitas, responsibilitas dan akuntabilitas sudah baik. Kata Kunci : Kinerja, Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 03 May 2016 08:23
Last Modified: 03 May 2016 08:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7113

Actions (login required)

View Item View Item