INVENTARISASI DAN TINGKAT SERANGAN PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Cardova, Van Islami (2021) INVENTARISASI DAN TINGKAT SERANGAN PENYAKIT PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI KECAMATAN SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 pendahuluan)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 kesimpulan dan saran)
3. Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
5. full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (942kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) adalah tanaman komersial penghasil minyak nabati yang paling produktif di dunia. Dalam usaha peningkatan produksi kelapa sawit serangan penyakit merupakan salah satu faktor pembatas, diantaranya adalah penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan oleh jamur Ganoderma boninense dengan tanaman kelapa sawit sebagai inangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari data tentang penyakit-penyakit utama yang menyerang tanaman kelapa sawit dan tingkat serangannya di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Penelitian telah dilaksanakan pada Oktober 2019 s.d Januari 2020. Lokasi penelitian di perkebunan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya dan Laboratorium Kampus III Universitas Andalas, Dharmasraya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, sampling secara purposive sampling dengan kriteria yang digunakan yaitu : penentuan lokasi sampel adalah luas lahan berkisar 1 ha, tanaman diambil adalah tanaman kelapa sawit yang telah menghasilkan, berumur 8-10 tahun dan ditemukan adanya gejala serangan penyakit utama. Pengambilan sampel dilakukan secara langsung pada tanaman yang menunjukan gejala serangan. Pengamatan yang dilakukan yakni kondisi pertanaman kelapa sawit, identifikasi patogen penyebab penyakit dan tingkat serangannya pada tanaman kelapa sawit. Hasil penelitian yang didapat dari inventarisasi penyakit utama pada tanaman kelapa sawit dan tingkat serangannya di Kecamatan Sitiung, didapatkan 1 jenis penyakit yang menyerang pada pertanaman kelapa sawit yaitu penyakit bercak daun dengan patogen penyebab penyakitnya adalah jamur Curvularia sp. Persentase serangan tertinggi 100 % dan terendah 96,6 %, sedangkan intensitas serangan tertinggi 45,83 % dan terendah 41,67 %. Jadi intensitas serangan penyakit ini tergolong dalam kategori tingkat kerusakan sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ujang Khairul, MP
Uncontrolled Keywords: Kata kunci. Kelapa sawit, patogen, penyakit utama, bercak daun, Curvularia sp.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:43
Last Modified: 11 Feb 2021 04:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69505

Actions (login required)

View Item View Item