PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT DI WILAYAH SOLOK TERHADAP KANDUNGAN GIZI TANAMAN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN

Dwiki, Prastio (2021) PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT DI WILAYAH SOLOK TERHADAP KANDUNGAN GIZI TANAMAN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN HIJAUAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketinggian tempat terhadap kandungan gizi tanaman paitan (Tithonia diversifolia) sebagai pakan hijauan. Penelitian dilaksanakan di Wilayah Solok meliputi Kabupaten Solok dan Kota Solok. Penelitian dilakukan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 perlakuan dan 5 kelompok sebagai ulangan. Pengambilan sampel di lapangan secara survei dengan teknik Purpossive Sampling (PS). Perlakuan terdiri dari dataran rendah/T1 (<400 mdpl), dataran medium/T2 (400- 700 mdpl) dan dataran tinggi (700-1000 mdpl). Kelompok merupakan nagari yang terdapat di setiap perlakuan. Parameter kualitas tanaman yang diamati meliputi Bahan Kering (BK), Protein Kasar (PK), Serat Kasar (SK) dan Lemak Kasar (LK). Data diolah dengan analisis keragaman. Hasil uji masing - masing parameter adalah : Bahan Kering (BK) (15,99% - 17,47%); Protein Kasar (PK) (13,08% - 14,73%); Serat Kasar (SK) (31,01% - 32,70%) dan Lemak Kasar (LK) (2,92% - 3,11%). Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa ketinggian tempat berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap Bahan Kering (BK), Protein Kasar (PK), Serat Kasar (SK) dan Lemak Kasar (LK). Kesimpulan dari penelitian ini adalah paitan yang tumbuh di setiap ketinggian tempat di wilayah solok menunjukkan kualitas yang relatif sama. Kualitas paitan dalam penelitian ini tidak terlihat dipengaruhi oleh ketinggian tempat tetapi lebih dipengaruhi oleh umur tanaman dan perlakuan masyarakat di lokasi penelitian terhadap keberadaan paitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Imana Martaguri, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:01
Last Modified: 27 Jan 2021 07:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68405

Actions (login required)

View Item View Item