Pengaruh Radius Mata Potong Pahat HSS dan Kombinasi Parameter Pemotongan terhadap Keausan Pahat Pada Proses Bubut Aluminium

Bayu, Utama Neris (2021) Pengaruh Radius Mata Potong Pahat HSS dan Kombinasi Parameter Pemotongan terhadap Keausan Pahat Pada Proses Bubut Aluminium. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup- Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan Tugas Akhir- Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Radius mata potong (Cutting Edge Radius) berperan untuk memberikan kekuatan pada mata potong pahat. Radius mata potong yang tidak sesuai akan menyebabkan proses pemesinan bekerja bukan lagi berdasarkan konsep menggeser (shearing) tetapi mempergunakan konsep membajak (ploughing). Material Aluminium paduan 6061 memiliki sifat mampu mesin (machinability) yang cukup baik. Namun, pengaruh dari gerak relatif yang terjadi karena efek membajak akan menghasilkan gesekan yang tinggi sehingga akan menurunkan mampu mesinnya. Hal ini terjadi disebabkan efek membajak akan menyebabkan temperature pemotongan menjadi tingi dan memperbesar daerah tertahan (stagnan zone) di atas bidang utama pahat. Penelitian sebelumnya dimana kombinasi antara variasi parameter pemotongan dan radius mata potong menghasilkan nilai kekasaran permukaan rendah dan energi input rendah pada rangking tinggi dari kombinasi antara parameter pemotongan dan radius mata potong. Dengan pilihan radisu mata potong tersebut menyebabkan adanya daerah tertahan yang akan menggesek permukaan bidang utama pahat lebih kuat dan kemungkinan akan berakibat kepada terjadinya keausan pahat. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pada akibat yang ditimbulkan oleh pemilihan kombinasi parameter pemotongan yang efektif terhadap keausan pahat. Hasil pemelitian menunjukkan sebaliknya dimana nilai keausan terendah dihasilkan oleh kombinasi parameter ranking rendah, sedangkan pada kombinasi parameter rangking tinggi didapatkan nilai keausan pahat yang tinggi pula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ismet Hari Mulyadi, Ph.D Hendri Yanda, Ph.D
Uncontrolled Keywords: radius mata potong, keausan, pahat, Aluminium
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:50
Last Modified: 26 Jan 2021 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/68141

Actions (login required)

View Item View Item