Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Loyalitas Pelanggan Provider Tri (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang)

VINO, AZATRA (2013) Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Loyalitas Pelanggan Provider Tri (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2618.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian terhadap loyalitas pelanggan telah banyak dilakukan. Melalui riset ini akan dianalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Provider Tri. Perilaku pelanggan untuk tetap setia menggunakan Provider Tri karena fitur-fitur yang ditawarkan Provider Tri sangat menarik pelanggan baik pada segmennya yaitu kawula muda maupun kalangan pekerja atau bahkan eksekutif. Pelanggan yang puas terhadap performa sebuah produk akan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang dan menciptakan suatu sikap loyal pada produk tersebut. Sejalan dengan hal di atas, peneliti tertarik untuk meneliti apa saja yang menyebabkan pelanggan tetap setia pada produk Provider Tri meskipun Jangkauan, kualiatas sinyal Provider Tri masih dibilang kalah dibandingkan para pesaingnya yang sudah lama menyediakan jasa telekomunikasi di indonesia, tapi jika dibandingan dengan sesama pemain baru di Indonesia Provider Tri termasuk salah satu Provider yang berhasil jika dilihat dari pangsa pasar nya. Selanjutnya, hasil dari penelitian ini, akan dituangkan dalam skripsi yang berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Loyalitas Pelanggan Provider Tri (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang)”. Dalam melakukan penelitian ini, responden yang akan diteliti adalah mahasiswa program studi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas sebagai populasi penelitian, karena mahasiswa adalah anak muda yang merupakan segmen utama dari Provider Tri sebagai operator seluler yang merajai anak muda sehingga Provider Tri menjadi kartu seluler yang banyak dipilih anak muda untuk berkomunikasi pada umumnya dan mengikuti trendsetter yang ada saat ini pada khususnya. Menurut sepengetahuan peneliti, mahasiswa merupakan konsumen yang mempunyai loyalitas pelanggan tidak terlalu tinggi karena pada usia muda mempunyai sifat ingin mencoba sesuatu yang baru dan tidak ingin kelihatan beda dengan teman-temannya sehingga mereka mempunyai tingkat kesetiaan pelanggan yang tidak terlalu tinggi terhadap suatu produk. Perilaku konsumen seperti ini dinilai wajar karena jiwa anak muda yang dinamis dan selalu mengikuti tren agar tidak dibilang ketinggalan jaman. Sampel dalam penelitian ini dikhususkan bagi mahasiswa program studi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Andalas karena diharapkan mereka sudah memiliki pengetahuan tentang penelitian ini dan juga seperti dilihat dari tabel 1.2 perkembangan pengguna smartphone yang semakin terus meningkat. Jika di lihat mahasiswa ekonomi Universitas Andalas sudah banyak yang menggunakan smartphone terutama dengan merk BlackBerry, Smartphone BlackBerry membutuhkan akses data dimana Provider Tri menyediakan paket untuk BlackBerry dengan kualitas dan harga yang bersaing serta sinyal Provider Tri di Universitas Andalas yang sangat bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 03 May 2016 02:38
Last Modified: 03 May 2016 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item