APLIKASI SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER SUKU CADANG SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS: SINAR UTAMA MOTOR KOTA SOLOK)

Afif, Afif Anwar (2020) APLIKASI SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER SUKU CADANG SEPEDA MOTOR (STUDI KASUS: SINAR UTAMA MOTOR KOTA SOLOK). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Afif Anwar_Cover _ Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Afif Anwar_Bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 6)
Afif Anwar_Bab 6.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Afif Anwar_dapus.pdf - Published Version

Download (821kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Afif Anwar_1610932029.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemilihan supplier yang tepat bagi sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena berpengaruh pada ketersedian barang yang ada di perusahaan. Bengkel Sinar Utama Motor merupakan toko yang menyediakan suku cadang sepeda motor dan jasa perbaikan sepeda motor yang berlokasi di kota Solok Sumatera Barat. Sebagai salah satu bengkel yang menyediakan suku cadang kendaraan bermotor, bengkel Sinar Utama Motor memerlukan sistem pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan dan menimalisir pengeluaran. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pemilik dan anak pemilik Bengkel Sinar Utama Motor, pemilihan supplier yang dilakukan oleh bengkel Sinar Utama Motor hanya berpatokkan pada harga yang ditawarkan oleh supplier dan penilaian terhadap kualitas suku cadang dilakukan secara subjektif. Pemilihan supplier dengan cara yang dilakukan oleh Bengkel Sinar Utama Motor memiliki kendala, adanya keterlambatan dalam waktu pengiriman dan kualitas suku cadang kadang tidak sesuai dengan permintaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kriteria-kriteria dalam pemilihan supplier suku cadang untuk bengkel Sinar Utama Motor dan merancang suatu aplikasi sistem pengambilan keputusan untu pemilihan supplier suku cadang untuk mempermudah menentukkan supplier suku cadang yang cocok dengan kriteria yang diinginkan oleh bengkel Sinar Utama Motor. Pada penelitian ini untuk menentukan pemilihan supplier menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan untuk perancangan aplikasi sistem pengambilan keputusan pemilihan supplier menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP). Penelitian kali ini akan membantu pemilik bengkel dalam hal pengambilan keputusan pemilihan supplier suku cadang yang tepat dan sesuai berdasarkan kriteria yang diinginkan pemilik bengkel, menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Kriteria yang digunakan dalam pemilihan supplier suku cadang Bengkel Sinar Utama Motor adalah kriteria harga, kualitas, pengiriman, pelayanan dan ketersedian barang. Prioritas kriteria pemilihan supplier suku cadang bengkel Sinar Utama Motor di Kota Solok berdasarkan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) kriteria harga 0,3697, kriteria kualitas 0,2446, kriteria pengiriman 0,1664, kriteria pelayanan 0,1479, dan kriteria ketersedian barang 0,0714. Hasil penelitian ini berupa rancangan sistem pengambilan keputusan pemilihan supplier suku cadang yang mampu membantu pengambilan keputusan pemilik bengkel sinar utama motor Kota Solok. Rancangan aplikasi sistem pengambilan keputusan pemilihan supplier suku cadang bengkel Sinar Utama Motor di Kota Solok mampu mendukung bengkel dalam melakukan pengambilan keputusan pemilihan supplier suku cadang dengan informasi yang disampaikan secara cepat dan tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ASMULIARDI MULUK, M.T
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process (AHP), Hypertext Preprocessor (PHP), Sistem Pengambilan Keputusan, Supplier
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:52
Last Modified: 06 Jan 2021 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67396

Actions (login required)

View Item View Item