THE REFLECTION OF GENDER EQUALITY IN J.K. ROWLING’S HARRY POTTER SERIES: A FEMINIST READING

NOVIA, CITRA VALINCA (2013) THE REFLECTION OF GENDER EQUALITY IN J.K. ROWLING’S HARRY POTTER SERIES: A FEMINIST READING. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
610.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Skripsi berjudul “The Reflection of Gender Equality in J. K. Rowling‟s Harry Potter Series” ini memaparkan pencitraan positif perempuan dalam serial Harry Potter karya J. K. Rowling. Penulis memakai pendekatan feminisme dengan membandingkan citra perempuan yang ditampilkan oleh Rowling melalui tokoh-tokoh perempuan seperti Hermione Granger, Minerva Mcgonagall, Ginny Weasley, and Belatrix Lestrange dengan pemikiran biner patriarki (patriarchal binary thought) tentang sifat laki-laki dan perempuan yang bertolak belakang seperti yang disampaikan oleh Helene Cixous dalam esainya berjudul “Le Juene Nee”. Sebagaimana penelitian kualitatif, data yang dipakai berbentuk kutipan narasi dan dialog dalam serial tersebut. Hasil analisis dipaparkan secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa J. K. Rowling melalui karyanya mencoba mematahkan pandangan patriarki yang meletakkan pria dan wanita pada dua sisi yang berlawanan. Rowling menampilkan tokoh-tokoh perempuan yang memiliki sifat yang kompleks; tidak hanya emosional, pasif dan menjadi objek saja, namun berkembang sebagai sosok yang mampu bersikap rasional, aktif, dan menjadi subjek pelaku. Melalui serial ini, dapat dilihat bahwa Rowling telah menciptakan tokoh-tokoh perempuan dengan sifat dan sikap yang setara dengan laki-laki. Kata kunci: patriarki, gender, kesetaraan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 02 May 2016 09:35
Last Modified: 02 May 2016 09:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6727

Actions (login required)

View Item View Item