Pengaruh Lubang Terhadap Karakteristik Mekanik Komposit Serat E-Glass Bermatriks Polyester Dengan Stacking Sequences[0°,90°,0°]

Fadli, Febryan (2020) Pengaruh Lubang Terhadap Karakteristik Mekanik Komposit Serat E-Glass Bermatriks Polyester Dengan Stacking Sequences[0°,90°,0°]. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan material komposit dalam bidang keteknikan sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan manusia yang lebih modern sampai saat sekarang. Hal ini dikarenakan sifat–sifatnya yang hampir setara dengan bahan logam, seperti kekuatan yang tinggi densitinya cukup ringan dan tahan terhadap korosi. Material komposit e-glass sendirinya merupakan material yang cukup banyak diaplikasikan pada pesawat terbang dengan pertimbangan strength-to weight ratio yang tinggi. Material komposit e-glass jenis unidirectional akan digunakan pada pembuatan komposit. Pembuatan komposit dari lapisan ke lapisan nya menggunakan metode hand lay up. Metode yang dilakukan manual dengan laminasi serat merata dengan media kuas, setelah plat kering dilanjutkan dengan pemotongan sampel sesuai srandar ASTM D3039 (Tarik) dan ASTM D6641 (Tekan). Setelah sampel pemotongan siap dilanjutkan ke beberapa pengujian diantanya : pengujian tarik dan pengujian tekan. Pengujian mechanical properties disini dilakukan dengan variasi open hole sebagai sarana penyambungan dalam aplikasi pesawat terbang sendiri. Nilai pengujian tarik no hole dan open hole didapatkan nilai kekuatan tarik maksimal 200,58 MPa dan 155,22 MPa. Selanjutnya pengujian tekan no hole dan open hole didapatkan nilai kekuatan tekan maksimal 335,73 MPa dan 254,1 MPa. Open hole menyebabkan penurunan nilai kekuatan tarik maks dari uji tarik hole dan no hole sebesar 45,36 MPa dan pengujian tekan open hole dan no hole terjadi penurunan nilai kekuatan tekan maksimal sebesar 81,63 MPa. Spesimen mengalami kegagalan dominan untuk uji tarik open hole dan no hole dengan tipe patahan LGM dan LAT dan spesimen pada uji tekan open hole dan no hole mengalami kegagalan dominan dengan jenis patahan LGM dan HAT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng. Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: Komposit e-glass Unidirectional, Hand lay up, Uji tarik, Uji tekan, Tegangan tarik maksimal
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:24
Last Modified: 08 Jan 2021 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66996

Actions (login required)

View Item View Item