Hubungan Indikasi Masuk dengan Mortalitas pada Pasien Geriatri yang Dirawat di Intensive Care Unit (ICU) RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019

Rania Anindya, Muhammad (2020) Hubungan Indikasi Masuk dengan Mortalitas pada Pasien Geriatri yang Dirawat di Intensive Care Unit (ICU) RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Çover dan Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text (Bab 7)
bab 7.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (385kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi rania untuk scholar unand.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pasien geriatri memiliki beberapa karakteristik yang membuat mereka tidak dapat disamakan dengan pasien dewasa lainnya. Pasien geriatri mudah jatuh kepada kondisi yang buruk menyebabkan mereka harus dirawat di ICU. Mortalitas pasien geriatri di ICU tinggi, akan tetapi angkanya berbeda-beda berdasarkan indikasi pasien tersebut masuk ke ICU. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat hubungan yang bermakna antara indikasi masuk pasien geriatri ke ICU dengan mortalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Data yang digunakan berupa data sekunder yang bersumber dari rekam medis. Analisis data yang digunakan berupa chi square. Kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p<0,05. Hasil penelitian ini didapatkan pasien geriatri yang dirawat di ICU RSUP Dr. M. Djamil Padang pada tahun 2019 paling banyak ditemukan dengan kelompok umur 60-69 tahun; jenis kelamin laki-laki; penyakit utama berupa penyakit gastrointestinal; indikasi masuk ICU berupa pasca bedah mayor; memiliki lima penyakit penyerta; memiliki penyakit penyerta berupa hipoalbuminemia, imbalans cairan dan elektrolit, gagal ginjal, koagulopati, sepsis dan syok sepsis, dan anemia; serta lama rawatan dalam rentang 1-3 hari. Berdasarkan indikasi masuk didapatkan hampir seluruh pasien geriatri meninggal selama perawatan di ICU (96%). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara indikasi masuk dengan mortalitas pada pasien geriatri yang dirawat di ICU (p=0,005).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Roza Mulyana, Sp.PD-KGer
Uncontrolled Keywords: geriatri, ICU, Mortalitas, Indikasi Masuk
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Dec 2020 04:05
Last Modified: 18 Dec 2020 04:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66834

Actions (login required)

View Item View Item