REPRESENTASI KONSUMERISME DALAMVIDEO GANGNAM STYLE (Analisis Semiotika)

Vannyora, Okditazeini (2013) REPRESENTASI KONSUMERISME DALAMVIDEO GANGNAM STYLE (Analisis Semiotika). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
640.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Budaya Korea sedang berkembang pesat di dunia, terutama melalui drama-drama dan musik-musiknya yang tidak terlepas dari nilai-nilai budaya Korea. Fenomena ini dinamakan sebagai Hallyu atau Korean Wave (gelombang Korea). Hallyu merupakan istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia atau secara singkat mengacu pada globalisasi budaya Korea (Shim, 2006). Korean Wave diikuti dengan banyaknya perhatian terhadap produk Korea Selatan, seperti misalnya makanan, barang elektronik, musik dan film. Korea Selatan merupakan salah satu contoh sukses eksporter budaya dalam memenangkan budaya global alternatif baru khususnya Asia, bahkan sudah mulai merambah Eropa dan Amerika. Menurut Anindya (2012: 2), Korea Selatan menjadi salah satu dari 10 negara terbesar yang melakukan ekspor dalam hal budaya. Tidak bisa dipungkiri kesuksesan Korea Selatan dalam menyebarkan Korean Wave dapat dikatakan berhasil menjadi saingan berat Hollywood melalui film, musik, dan drama yang bernuansa Asia. Pengemasan Hallyu yang tetap menyisipkan nilai-nilai Asia menjadi daya tarik sendiri dari suksesnya Korean Wave di dunia. Melalui drama dan musik itulah Korea Selatan mempopulerkan budayanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 02 May 2016 08:13
Last Modified: 02 May 2016 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item