Honorifik Bahasa Jepang (Keigo) Dalam Surat ELektronik di Perusahaan Jepang

Mutiara, Ayu Surya (2020) Honorifik Bahasa Jepang (Keigo) Dalam Surat ELektronik di Perusahaan Jepang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I_bener.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
MUTIARA AYU SURYA_SCHOLAR BENER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penulis dalam penelitian ini mengkaji bentuk-bentuk honorifik dalam surat elektronik yang digunakan di perusahaan Jepang. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk honorifik dan hubungannya dengan status sosial pengguna honorifik. Data dikumpulkan dari surat elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh karyawan yang lebih tinggi, maupun lebih rendah jabatannya. Surat elektronik yang dipakai di perusahaan dianalisis untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk honorifik dan status sosial pemakai honorifik. Hubungan antara bentuk yang digunakan dan status sosial pengguna honorifik merujuk kepada teori Harada (1976). Honorifik yang ditemukan dalam surat elektronik di perusahaan Jepang adalah san (3%), sama (11%), dono (20%), dan nama jabatan penerima surat (5%). Pada surat elektronik ditemukan pula honorifik subjek (5%), honorifik objek (13%), dan honorifik performatif (43%) yang dominan di dalam surat. Seluruh target penghormatan ditujukan kepada penerima surat. Sasaran penghormatan yang dilakukan pengirim tidak selalu berada pada subjek dan objek kalimat. Dalam surat elektronik ditemukan pula honorifik sama yang dipakai kepada penerima berstatus sosial lebih tinggi, setara, dan lebih rendah daripada pengirim. Penggunaan honorifik san juga ditemukan di dalam surat, yakni digunakan kepada penerima yang status sosialnya setara dan lebih rendah dari pengirim. Sapaan lainnya adalah dono yang dipakai kepada penerima yang secara sosial lebih tinggi dan lebih rendah daripada pengirim. Nama jabatan digunakan terhadap penerima yang mempunyai status sosial lebih tinggi dibandingkan dengan pengirim. Honorifik objek dan performatif yang ada di dalam surat elektronik tidak selalu digunakan berdasarkan status sosial penerima. Honorifik performatif dipakai kepada penerima berstatus sosial lebih tinggi, lebih rendah, dan juga terhadap penerima yang status sosialnya setara dengan pengirim. Penelitian ini membuktikan bahwa status social dalam lingkungan kerja perusahaan tidak mutlak menjadi faktor utama yang mempengaruhi penggunaan honorifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rina Marnita, A.S., M.A
Uncontrolled Keywords: Honorifik, Keigo, Status Sosial.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 30 Nov 2020 07:28
Last Modified: 30 Nov 2020 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65964

Actions (login required)

View Item View Item