RENITA, ROSHA (2012) ANALISA DAN PENANGANAN KESTABILAN RUAS JALAN MUARO KALABAN–TANAH BADANTUANG–KILIRAN JAO SIJUNJUNG KM. 107 + 050 DAN KM111 + 200. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
1233.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Daerah di Sumatra Barat memiliki topografi yang tidak datar, banyak lereng dan perbukitan. Pada permukaan tanah yang tidak horizontal ini, komponen gravitasi cenderung menggerakkan tanah ke bawah. Jika komponen gravitasi sedemikian besar sehingga perlawanan terhadap geseran yang dapat dikerahkan oleh tanah pada bidang longsornya terlampaui, maka akan terjadi kelongsoran lereng. Berbagai macam faktor yang mempengaruhi terjadinya longsor, yaitu salah satunya faktor iklim (curah hujan). Besarnya curah hujan yang diterima oleh lereng akan menurunkan sifat fisik dan mekanik tanah yang berarti memperkecil ketahananan geser dari massa lereng. Longsoran secara alami terjadi antara lain karena menurunnya kemantapan suatu lereng, akibat degradasi tanah/bebatuan bersamaan waktu dan usianya. Aktivitas manusia seperti membuat sawah dan kolam, mengadakan pemotongan dan penggalian pada lereng tanpa perhitungan, sering menyebabkan terganggunya kemantapan lereng yang ada, sehingga terjadi longsoran yang merusak prasarana dan sarana yang telah ada seperti jalan raya. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan analisis dan penanganan kestabilan ruas jalan dengan menambahkan perkuatan tertentu, yang didasarkan dari data NSPT dan Boring Log. Dan dari hasil yang didapatkan, maka kita akan menganalisa apakah ruas jalan tersebut sudah cukup aman atau tidak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | ms Meiriza Paramita |
Date Deposited: | 02 May 2016 03:56 |
Last Modified: | 02 May 2016 03:56 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/6583 |
Actions (login required)
View Item |