rozamiah, rozamiah (2020) KUALITAS PELAYANAN SOPIR DAN PRAMUGARA TRANS PADANG TERHADAP PENUMPANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (cover dan abstrak)
abstract.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (423kB) | Preview |
|
|
Text (bab penutup)
bab penutup.pdf - Published Version Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK ROZAMIAH. 1310811007. Jurusan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Andalas. Padang. Judul Skripsi: Kualitas Pelayanan Sopir dan Pramugara Trans Padang Terhadap Penumpang. Pembimbing I, Drs. Ardi Abbas, MT. Pembimbing II, Drs. Wahyu Pramono, M.Si. Trans Padang merupakan moda transportasi massal milik pemerintah yang ada di Kota Padang. Hadirnya Trans Padang menjadi fenomena baru dalam dunia transportasi umum khususnya di Kota Padang karena adanya perbedaan dalam kualitas pelayanan didalam bus. Kualitas pelayanan yang ada di Trans Padang dan tidak ada di angkutan umum lain yaitu seperti adanya pramugara, metode pembayaran dengan e-money dan bus hanya bisa berhenti di halte Trans Padang saja dll. Namun kualitas pelayanan yang diberikan oleh sopir dan pramugara masih ada yang belum memenuhi harapan penumpang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan sopir dan pramugara Trans Padang terhadap penumpang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontrol yang dipelopori oleh Durkheim. Teori kontrol sosial berangkat dari asumsi atau anggapan bahwa individu di masyarakat mempunyai kecenderungan yang sama kemungkinannya, menjadi baik atau jahat. Baik atau jahatnya seseorang sepenuhnya tergantung dengan masyarakatnya. Ia akan menjadi baik apabila lingkungan membuatnya begitu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model squential explanatory. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuisioner, observasi dan wawancara. Pemilihan responden dan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dan informan pada penelitian ini yaitu, orang yang pernah menjadi penumpang Trans Padang min 5 kali. Ada lima aspek yang menjadi indikator kualitas pelayanan Trans Padang, yaitu keselamatan, kelancaran, keandalan, kenyamanan dan kecepatan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa skor ideal kualitas pelayanan yang diharapkan oleh penumpang adalah 73.2 persen. Indikator pelayanan yang telah memenuhi harapan penumpang atau dengan kata lain yang memperoleh skor diatas skor ideal 73.2 persen adalah keselamatan (78.5%), kelancaran (74.2%) dan kecepatan (78.2%). Sedangkan pelayanan yang belum memenuhi harapan penumpang atau dibawah skor ideal adalah keandalan (69.9%) dan kenyamanan (71.1%). Hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa kualitas pelayanan sopir dan pramugara Trans Padang pada aspek keandalan dan kenyamanan perlu untuk ditingkatkan. Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Sopir dan Pramugara, Trans Padang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Ardi Abbas, MT |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 04:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 04:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65706 |
Actions (login required)
View Item |