MODIFIKASI ALGORITMA TEKNIK CONSTANT CURRENT CONSTANT VOLTAGE DENGAN PENAMBAHAN TEMPERATURE FEEDBACK UNTUK PENINGKATAN PERFORMA FAST CHARGING BATERAI LITHIUM-ION

Muhammad, Rizki Rifano (2020) MODIFIKASI ALGORITMA TEKNIK CONSTANT CURRENT CONSTANT VOLTAGE DENGAN PENAMBAHAN TEMPERATURE FEEDBACK UNTUK PENINGKATAN PERFORMA FAST CHARGING BATERAI LITHIUM-ION. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak TA Muhammad Rizki Rifano.pdf - Published Version

Download (785kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I TA Muhammad Rizki Rifano.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan Saran)
BAB V Kesimpulan Saran Muhammad Rizki Rifano.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Muhammad Rizki Rifano.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Utuh Muhammad Rizki Rifano.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sistem pengisian cepat (fast charging) pada baterai bertujuan untuk mengisi kapasitas baterai dengan waktu yang sangat cepat untuk memudahkan pengguna dan menghemat waktu. Salah satu baterai yang paling banyak digunakan untuk pengisian cepat yaitu baterai Lithium–ion (Li-ion). Prinsip pengisian baterai adalah dengan cara mengaliri baterai dengan arus listrik hingga baterai dalam kondisi penuh. Pada proses pengisian baterai ini dibutuhkan pengontrol yang dapat mencegah terjadinya overheat pada baterai akibat dari arus listrik yang mengalir secara terus menerus. Pada tugas akhir ini dikembangkanlah suatu algoritma dan rangkaian proses pengisian Constant Current Constant Voltage (CCCV) pada baterai yang dilengkapi dengan pengontrol suhu baterai agar kondisi overheat pada baterai dapat dikendalikan. Pengontrol suhu yang digunakan merupakan pengontrol on off yang akan mempertahankan suhu baterai pada suhu 45̊C dimana suhu tersebut adalah suhu ambang batas dari baterai Lithium-Ion sesuai dengan penelitian ini. Algoritma pembaharuan ini diuji dan dianalisa dengan melakukan simulasi dan perbandingan dengan proses pengisian CCCV konvensional. Hasil pengujian membuktikan bahwa dengan adanya pengontrol suhu akan berdampak pada suhu dan waktu pengisian pada baterai. Suhu pada rangkaian CCCV yang telah dimodifikasi lebih rendah dan stabil jika dibandingkan dengan rangkaian CCCV Konvensional sedangkan waktu pengisian lebih lama. Hasil simulasi memperlihatkan waktu pengisian dari rangkaian CCCV konvensional selama 2016s atau sekitar 33 menit 36 detik. Dan untuk rangkaian CCCV modifikasi selama 5036,7s atau sekitar 83 menit 56 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Imran Hamid,Ph.D
Uncontrolled Keywords: fast charging, CCCV, suhu baterai, overheat, pengontrol on-off
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 25 Sep 2020 01:48
Last Modified: 25 Sep 2020 01:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63048

Actions (login required)

View Item View Item