Youaksanda, Metrin (2020) MANAJEMEN ISU PELAYANAN PASIEN DI SEMEN PADANG HOSPITAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (424kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version Download (183kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (289kB) | Preview |
|
Text
Skripsi Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Semen Padang Hospital sebagai rumah sakit yang memiliki akreditasi paripurna yang merupakan akreditasi sempurna untuk rumah sakit, nyatanya masih saja memiliki isu yang berkembang di kalangan masyarakat, yaitu isu mengenai komunikasi berupa pelayanan yang kurang baik oleh perawat dan security terhadap pasien di Semen Padang Hospital. Public relationssebagai garda terdepan memiliki peran dalam manajemen isu pelayanan tersebut agar tidak berkembang menjadi krisis. Upaya yang dilakukan oleh public relations, khususnya di rumah sakit adalah dengan menyediakan angket yang berisi kritik dari pasien, baik pasien rawat inap maupun pasien rawat jalan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses manajemen isu public relationsdi Semen Padang Hospital serta mengetahui media komunikasi public relations dalam manajemen isu di Semen Padang Hospital. Metode penelitian ini adalah studi kasus – kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai public relations Semen Padang Hospital sebagai pihak yang bertanggung jawab serta berperan dalam manjemen isu di Semen Padang Hospital, kemudian penelitian ini dianalisis dengan teknik miles dan huberman. Public relations Semen Padang Hospital telah melakukan tugasnya sebagai pihak yang berperan dalam proses manajemen isu, namun ada beberapa perbedaan pada pelaksanaannya. Proses manajemen isu yang dilaksanakan public relationsSemen Padang Hospital mengenai pelayanan pada pasien meliputi menganalisis isu, menelaah isu, dan mengambil keputusan. Unsur manajemen isu pada model proses manajemen isu terdapat dalam proses tersebut dengan adanya satu tahapan yang berbeda. Media komunikasi public relationsdalam manajemen isu di Semen Padang Hospital terbagi menjadi dua, yaitu media komunikasi eksternal dan media komunikasi internal. Media komunikasi eksternal merupakan bentuk komunikasi antara public relations dengan pasien di Semen Padang Hospital, meliputi menghubungi atau melakukan klarifikasi terhadap pasien melalui telepon, membalas pesan whatsappmaupun sms, dan menyelesaikan secara langsung di Semen Padang Hospital. Media komunikasi internal merupakan bentuk komunikasi antara public relations dengan pihak internal meliputi komunikasi antara public relations dengan pihak yang dikritik serta atasan dari pihak yang dikritik tersebut secara lisan dan tulisan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Rahmi Surya Dewi, M. Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 23 Sep 2020 07:53 |
Last Modified: | 23 Sep 2020 07:53 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62827 |
Actions (login required)
View Item |