Analisis Spasial Daya Serap Tanah dan Lahan Kritis untuk Penentuan Lokasi Prioritas Perbaikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Air Dingin

Dea Nelviasari, Dea (2020) Analisis Spasial Daya Serap Tanah dan Lahan Kritis untuk Penentuan Lokasi Prioritas Perbaikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Air Dingin. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB 1. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5. Penutup)
BAB 5. Penutup.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan DAS mampu memberikan manfaat yang maksimal apabila terwujudnya sumberdaya vegetasi, tanah dan air yang optimal bagi kesejahteraan manusia. Daya serap tanah mencerminkan kondisi hidrologi suatu daerah yang dapat dijadikan indikator perbaikan DAS. Daya serap tanah yang rendah akan berpengaruh pada besarnya limpasan air atau runoff. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam penentuan limpasan adalah perhitungan nilai Soil Conservation Service - Curve Number (SCS-CN). Metode SCS-CN didasarkan pada keseimbangan air dalam tanah dan memasukkan faktor penggunaan lahan (Asdak, 2010). Indikator lain penentuan lokasi perbaikan DAS adalah lahan kritis. Lahan kritis yaitu lahan yang telah mengalami kerusakan, sehingga terganggunya kinerja dari DAS tersebut. Terganggunya kinerja hidrologi suatu DAS, dapat dilihat dari sering terjadinya banjir, longsor, kekeringan, dan bencana alam lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu menyajikan peta prioritas perbaikan dan menunjukkan pendugaan jumlah aliran permukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah prioritas perbaikan umumnya terletak pada tengah dan hilir DAS. Luas daerah prioritas perbaikan DAS Air Dingin ini pada tipe 1 adalah 46,46 Ha, terletak di Kelurahan Lubuk Minturun, daerah ini merupakan daerah yang sangat di prioritaskan dalam melakukan perbaikan DAS. Pada tipe 2 seluas 1161,54 Ha, terletak di Kelurahan Koto Pulai dan Balai Gadang. Luas daerah aman adalah 7.636,66 Ha. Daerah aman sebagian besar terletak pada hulu DAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Ayendra Asmuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: runoff curve number, limpasan, prioritas perbaikan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:01
Last Modified: 23 Sep 2020 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62719

Actions (login required)

View Item View Item