PENGARUH PEMAKAIAN TEPUNG IKAN-AFKIR DALAM RANSUM BERBASIS JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN BK, BO, PK DAN SK SECARA IN-VITRO

Aprilla, Ariesta (2020) PENGARUH PEMAKAIAN TEPUNG IKAN-AFKIR DALAM RANSUM BERBASIS JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KECERNAAN BK, BO, PK DAN SK SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (COVER DAN ABSTRAK)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Text (BAB I)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Text (BAB V).pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Text (SKRIPSI FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian tepung ikan-afkir dalam ransum berbasis jerami amoniasi terhadap kecernaan bahan kering (KcBK), kecernaan bahan organik (KcBO), kecernaan protein kasar (KcPK), dan kecernaan serat kasar (KcSK) secara in-vitro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 4 kelompok pengambilan cairan rumen sebagai ulangan. Perlakuan yaitu R0= Ransum + 2% tepung ikan komersil, R1= Ransum + 2% tepung ikan-afkir, R2= Ransum + 3% tepung ikan-afkir, R3= Ransum + 4% tepung ikan-afkir. Peubah yang diamati yaitu KcBK, KcBO, KcPK, dan KcSK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kecernaan ransum yang terbaik yaitu R0= Ransum + 2% tepung ikan komersil, dan diantara ransum yang memakai tepung ikan-afkir menunjukkan bahwa R2 nyata (p<0,05) lebih tinggi KcBK (43,89%), KcBO (47,81%), dan KcPK (64,89%). Kecernaan serat kasar tertinggi diperoleh pada ransum perlakuan R3 (69,00%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemakaian tepung ikan-afkir 3% dalam ransum berbasis jerami padi amoniasi memberikan kecernaan nutrien yang terbaik, sementara pemakaian 4% tepung ikan-afkir dalam ransum tersebut menghasilkan kecernaan SK tertinggi. Kata Kunci: Tepung ikan-afkir, Jerami Amoniasi, Kecernaan BK, BO, PK dan SK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hermon, M.Agr
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:56
Last Modified: 21 Sep 2020 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62329

Actions (login required)

View Item View Item