Bianca, Rachel Angella (2020) Fenomena hiperrealitas makanan oleh pengguna instagram di kalangan mahasiswa: studi pada 5 mahasiswa universitas andalas. Diploma thesis, universitas andalas.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (pendahuluan)
pendahuluan.pdf - Published Version Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (penutup)
penutup.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (146kB) | Preview |
|
Text (full teks)
full teks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pengguna media sosial khususnya Instagram saat ini sering kali merekayasa unggahan mereka. Makanan merupakan salah satu unggahan yang saat ini sering direkayasa. Makanan yang seharusnya menjadi kebutuhan dasar manusia saat ini dialihfungsikan untuk dinikmati keindahannya bukan rasa, kualitas ataupun kandungan gizinya . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hiperrealitas makanan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Andalas di Instagram. Untuk itu beberapa tujuan khusus disusun untuk menjawab masalah tersebut, yaitu, mendeskripsikan bentuk hiperrealitas makanan oleh mahasiswa di Instagram dan menjelaskan alasan penarik terjadinya hiperrealitas makanan di Instagram. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Simulakra dan Hiperrealitas oleh Jean Baudrillard yang membahas mengenai hiperrealitas yang terjadi dalam masyarakat. Hiperrealitas menghadirkan model-model kenyataan sebagai suatu simulasi, yang bagi penikmatnya disebut simulakra. Simulasi atas dasar tanda-tanda realitas (sign of reality) dimana tanda-tanda hidup bukan untuk melukiskan realitas yang diwakilkannya tetapi mereka hadir hanya untuk mengacu dirinya sendiri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara mendalam kepada para informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk hiperrealitas makanan yang dilakukan mahasiswa Universitas Andalas di Instagram yaitu dengan menggunakan editing fotografi dengan menggunakan aplikasi edit foto dan video yang dapat diunduh di Appstore atau Playstore. Selain itu, bentuk hiperrealitas lainnya ialah dengan membuat caption yang menarik menggunakan bahasa asing dan informatif serta mengunggah foto makanan kekinian yang sedang populer saat ini. Adapun alasan Hobi memasak, suka kuliner dan promosi produk makanan merupakan alasan penarik terjadinya hiperrealitas makanan di Instagram. Kata Kunci: Hiperrealitas Makanan, Simulasi dan Simulakra, Instagram
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Elfitra, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 02:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 02:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62223 |
Actions (login required)
View Item |