JARGON PENGENDARA OJEK ONLINE DI KOTA PADANG TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Dimetrio, Irviand Asril (2020) JARGON PENGENDARA OJEK ONLINE DI KOTA PADANG TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak dan cover)
abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Judul dari penelitian ini adalah jargon pengendara ojek online di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk jargon dan menjelaskan makna dari bentuk jargon yang ada dalam tuturan pengendara ojek online di Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiolinguistik sebagai teori inti, teori morfologi dan teori semantik sebagai pendukung. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode simak dan metode cakap. Selanjutnya, metode dan teknik yang digunakan dalam analisis data ialah metode padan translasional. Terakhir, metode dan teknik penyajian hasil analisis data disusun berdasarkan kelompok data, klasifikasi bentuk kata dan pemaknaan berdasarkan teori SPEAKING. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 38 bentuk jargon. Dari ke-38 bentuk jargon tersebut, terdapat 7 jargon yang merupakan kata kerja, 2 jargon kata sifat, 9 jargon kata benda, 1 jargon kata bilangan, 4 jargon abreviasi, 13 jargon kata majemuk, dan 3 jargon repitisi. Dari segi makna, bentuk jargon pengendara ojek online ditemukan 4 jenis makna yaitu: (1) makna konotatif, (2) makna leksikal, (3) makna piktorial, (4) dan makna idiom. Peristiwa tutur yang digunakan oleh pengendara ojek online di Kota Padang yaitu: (1) tempat dan suasana tutur (setting), (2) pihak yang terlibat dalam peristiwa tutur (participants), (3) tujuan atau maksud tuturan (ends), (4) bentuk dan isi ujaran (act), (5) cara menyampaikan tuturan (key). Kata kunci : jargon, sosiolinguistsik, tuturan, pengendara ojek online

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Diah Noverita, M. Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:12
Last Modified: 17 Sep 2020 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62028

Actions (login required)

View Item View Item