Perancangan dan Analisis Kinerja Sistem Kehadiran Menggunakan KTP Elektronik Dengan Sensor Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Perkuliahan

Ogit, Arfandika Nanda (2020) Perancangan dan Analisis Kinerja Sistem Kehadiran Menggunakan KTP Elektronik Dengan Sensor Radio Frequency Identification (RFID) Untuk Perkuliahan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup-min.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Fulltext Update-min.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran perkuliahan secara konvesional selalu dibuktikan dengan penanda tangan absensi oleh mahasiswa. Cara seperti ini membuka peluang terjadinya kecurangan dengan cara meniru tanda tangan orang lain yang diwakilkan secara ilegal, cara ini juga memerlukan waktu yang lebih lama. Dengan berkembangnya teknologi sensor, perangkat keras pengolah data yang lebih murah dan didukung oleh perangkat lunak Android, memungkinkan melakukan absensi menggunakan kartu tanda pengenal seperti eKTP. Cara seperti ini diperkirakan lebih aman dan cepat. Untuk mendukung sistem absensi dapat digunakan sensor berbeda seperti sensor sidik jari dan sensor wajah. Pada Tugas Akhir sekarang dikembangkan sistem pencatatan kehadiran menggunakan sensor RFID dengan cara membaca eKTP. Data dari RFID selanjutnya diteruskan ke Raspberry Pi untuk proses autentifikasi eKTP. Tahap akhir adalah pengolahan data menggunakan MySQL. Hasil menunjukkan bahwa sistem yang dirancang dapat bekerja dengan baik dan kecepatan pengambilan data kehadiran oleh sensor RFID RC522 dalam membaca eKTP adalah 0,176138206 detik dan jarak rentang terbaca antara RFID RC522 dan eKTP adalah 0,1 cm hingga 2,2 cm. Rekapan data kehadiran mahasiswa yang mengikuti perkuliahan yang sedang berlangsung dilihat pada aplikasi mobile android yang dirancang untuk monitoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ikhwana Elfitri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: RFID RC522, eKTP, Monitoring, MYSQL, Android.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 17 Sep 2020 06:45
Last Modified: 17 Sep 2020 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61999

Actions (login required)

View Item View Item