PENGARUH TEACHER EFFICACY TERHADAP RESILIENSI GURU NON-PLB DI SLB

Putri, Nabila Azani (2020) PENGARUH TEACHER EFFICACY TERHADAP RESILIENSI GURU NON-PLB DI SLB. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Guru non-plb yang memiliki tanggungjawab yang sama dengan guru yang berlatarbelakang pendidikan luar biasa dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus. Namun, pengetahuan yang minim tentang ABK di sekolah mengakibatkan mereka terkendala dalam menentukan strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mendorong partisipasi siswa yang dinilai dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan mengajar sehari-hari. Fenomena ini mengantarkan peneliti untuk melihat seberapa berpengaruh teacher efficacy terhadap resiliensi pada guru non-plb di SLB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa analisis regresi linear sederhana dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur resiliensi yang dirancang sendiri oleh peneliti berdasarkan teori resiliensi dari Reivich dan Shatte dan modifikasi alat ukur TSES milik Tschanen-Moran dan Hoy. Masing-masing skala memiliki reliabilitas sebesar 0,92 dan 0,94. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teacher efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi yang dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai koefisien R-square (R2) sebesar 0,626. Hal ini menunjukkan bahwa teacher efficacy memberikan kontribusi sebesar 62,6% terhadap resiliensi guru non-plb, sedangkan 37,4% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meria Susanti, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Teacher Efficacy, Resiliensi, Guru Non-PLB
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:16
Last Modified: 11 Sep 2020 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60784

Actions (login required)

View Item View Item