PENGATUR POSISI KOLEKTOR PARABOLIK MEMANJANG SECARA OTOMATIS AGAR TEGAK LURUS CAHAYA DATANG MATAHARI MENGGUNAKAN SENSOR LDR

Muhammad, Ihsan (2020) PENGATUR POSISI KOLEKTOR PARABOLIK MEMANJANG SECARA OTOMATIS AGAR TEGAK LURUS CAHAYA DATANG MATAHARI MENGGUNAKAN SENSOR LDR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (TA Full Text)
TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini adalah membuat alat penjejak matahari menggunakan sensor LDR. LDR digunakan sebagai signal inputuntuk penggerak kolektor parabolik memanjang agar tegak lurus terhadap cahaya matahari yang datangsecara otomatis.Sensor LDR dipasang sedemikian sehingga selalu sejajar dengan sumbu utama kolektor parabolik memanjang. Pada pengujian dilakukan perbandingan suhu ketika dipasang LDR dan belum dipasang terhadap minyak dan daya listrik yang dihasilkan. Pengujian dilakukan pada saat hari cerah dengan cara mengukur temperatur dan daya. Panas yang dihasilkan reflektor digunakan untuk memanaskan minyak yang mengalir pada kolektor dan kemudian diteruskan ke balok penukar panas. Pada balok penukar panas diletakkan termoelektrik sehingga energi panas pada balok dapat dikonversikan langsung menjadi energi lisrik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa temperatur rata-rata 27 °C untuk reflektor tanpa sensor LDR dan 31 °C untuk reflektor dengan sensor LDR. Daya yang dihasilkan oleh termoelektrik pada model ini memiliki nilai rata-rata sebesar 0,001 watt untuk reflektor tanpa sensor LDR dan 0,003 watt untuk reflektor dengan sensor LDR. Dengan demikian pemakaian Sensor LDR dapat meningkatkan efisiensi pantulan dari energi panas matahari lebih baik dan daya listrik yang dihasilkan lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Darwison, M.T
Uncontrolled Keywords: LDR, sensor LDR, Pengontrolan, Penjejak
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 03 Sep 2020 07:03
Last Modified: 03 Sep 2020 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60455

Actions (login required)

View Item View Item