DESAIN SISTEM PEMASARAN BERAS SOLOK BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SUMATERA BARAT

DWINEFRI, FADILLA (2020) DESAIN SISTEM PEMASARAN BERAS SOLOK BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover + Abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img] Text (DWINEFRI FADILLA (skripsi full teks))
DWINEFRI FADILLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kota Solok memiliki kondisi geografis yang memungkinkan untuk mendapatkan tanaman pangan jenis padi dapat tumbuh dengan baik. Tanaman padi di Kota Solok dapat menghasilkan beras dengan mutu tinggi, dengan cita rasa yang khas, berbeda dengan beras-beras yang ada di daerah Sumatera Barat lainnya. Beras Solok atau “Bareh Solok” merupakan komoditas unggulan Sumatera Barat dan sangat terkenal sampai ke luar daerah bahkan luar negeri. Rasa nasi dari Beras Solok sangat khas, gurih dan enak. Setiap rumah makan padang cenderung menggunakan Beras Solok, baik yang berada di Sumatera Barat maupun di luar daerah. Pemasaran Beras Solok di Sumatera Barat memiliki sistem tataniaga yang panjang, pemasaran Beras Solok selama ini masih dengan cara konvensional, karena Kota Solok belum memiliki sebuah sistem informasi pemasaran Beras Solok yang berbentuk sebuah aplikasi. Zaman sistem revolusi 4.0 sekarang ini, maka perlu di terapkan pada proses pemasaran Beras Solok. Proses pemasaran ditopang oleh internet sehingga semua yang berkepentingan atau yang ingin membeli dan menjual Beras Solok dapat mengakses tanpa perlu mencari atau bertemu langsung. Sistem ini di realisasikan dalam bentuk sebuah aplikasi pemasaran Beras Solok berbasis aplikasi android, yang telah dilakukan dari bulan Desember 2019 sampai Februari 2020. Mengetahui aktor pemasaran industri beras di Kota Solok, mengetahui variabel ketersediaan beras Kota Solok dan membangun sistem pemasaran Beras Solok berbasis aplikasi android secara online. Metode penelitian yang digunakan yaitu observasi pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan penelitian langsung, sedangkan data sekunder sebagai data penunjang untuk mendukung analisis penelitian serta menggunakan metode pengembangan sistem metode waterfall. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini sebuah sistem pemasaran beras solok berbasis aplikasi android di Sumatera Barat dengan nama aplikasi Beras Solok. Sistem pemasaran yang diharapkan mempermudah menjual atau membeli beras solok, membeli beras solok cukup dengan menggunakan smartphone untuk mengaksesnya, dan juga sebagai media promosi Beras Solok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng.Muhammad Makky S.Tp,MSi
Uncontrolled Keywords: Beras Solok, Desain Sistem Pemasaran Beras Solok, Aplikasi Android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: s1 Teknik Pertanian
Date Deposited: 19 Aug 2020 07:56
Last Modified: 19 Aug 2020 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60261

Actions (login required)

View Item View Item