Beping, Liaprilian (2020) EFEKTIVITAS E-TICKET DALAM PELAYANAN PUBLIK JASA TRANSPORTASI PT KERETA API INDONESIA DIVISI REGIONAL II SUMATERA BARAT (DITINJAU DARI BEBERAPA ASAS DALAM UU PELAYANAN PUBLIK ). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (384kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (276kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PT. Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan satu-satunya BUMN yang menyelenggarakan pelayanan kereta api dan satu-satunya penyedia jasa pengkeretaapian dikarenakan semakin banyaknya jenis pelayanan yang diberikan untuk masyarakat khususnya dibidang transportasi. Pemberian pelayanan umum sebagaimana di atur dalam batang tubuh UUD 1945 Pasal 34 ayat (3) yaitu Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. PT. Kereta Api (Persero) Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat (Sumbar) yang selanjutnya disingkat menjadi PT. Kereta Api Divisi Regional II Sumbar menjadi salah satu tempat vital area perlintasan kereta api khususnya di Sumatera Barat. Bagaimanakah efektivitas E-Tiket dalam pelayanan jasa transportasi PT KAI Divisi Regional II SUMBAR dan apa saja hambatan dalam pelaksanaan E-Tiket Pelayanan Jasa Transportasi PT KAI Divisi Regional II Sumbar dan bagaimana upaya penanggulannya (ditinjau dari beberapa asas dalam UU Pelayanan Publik). Dengan metode yuridis empiris yaitu dengan menganalisis masalah yang ada pada kenyataan sosial dengan norma hukum yang berlaku tentang Efektivitas E-Tiket Dalam Pelayanan Publik Jasa Transportasi PT. Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat (ditinjau dari beberapa asas dalam UU Pelayanan Publik). Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini dilakukan dengan cara yaitu wawancara, angket dan studi dokumen. Penelitian dilakukan langsung di PT. KAI Divisi Regional II Sumatera Barat. Hasil penelitian mengenai Efektivitas E-Tiket Dalam Pelayanan Publik Jasa Transportasi PT. KAI Divisi Regional II Sumbar disini yang ditinjau dari beberapa asas dalam UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik belum efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya minat dan pengetahuan pengguna layanan mengenai E-Tiket ini dan seharusnya pihak kereta api juga lebih mensosialisasikannya lagi kepada masyarakat. Tidak hanya pada kaum tertentu saja tapi semua pihak. Karena ini merupakan transportasi yang digunakan untuk semua kalangan baik dari yang muda sampai yang tua. Sebab sebagai penyelenggara jasa transportasi seharusnya memenuhi standarisasi prosedur yang terdapat dalam asas-asas dalam UU Pelayanan Publik. Kata Kunci : Efektivitas E-Tiket, Hukum Pelayanan Publik, Kereta Api
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Anton Rosari,S.H., M.H |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 02:58 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 02:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60082 |
Actions (login required)
View Item |