ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT MACET BERDASARKAN PRINSIP 5C PADA BANK NAGARI CABANG SAWAHLUNTO (Studi Kasus Kredit Modal Kerja Multi Guna (KMK-MG))

Melati, Veronica (2020) ANALISIS PENYELESAIAN KREDIT MACET BERDASARKAN PRINSIP 5C PADA BANK NAGARI CABANG SAWAHLUNTO (Studi Kasus Kredit Modal Kerja Multi Guna (KMK-MG)). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)

Abstract

Undang-Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 menyebutkan bahwa kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga. Salah satu jasa kredit yang diberikan ialah Kredit Modal Kerja Multi Guna (KMK-MG). Kredit Modal Kerja Multi Guna (KMK-MG) adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada debitur yang digunakan untuk modal kerja dalam membiayai usaha produktif diberbagai sektor ekonomi. Berdasarkan data yang di perolah pada Bank Nagari Cabang Sawahlunto periode 2016-2019 kredit macet yang terjadi setiap tahunnya melebihi batas normal yaitu 5% dari total kredit yang diberikan. Sesuai dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 15/2/PBI/2013 tentang Penetapan Status dan Tindakan Lanjut Pengawasan Bank Umum Konvensional, mengatakan rasio kredit bermasalah (non performing loan) secara neto lebih dari 5% (lima persen) dari total kredit. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penyelesaian kredit macet berdasarkan prinsip 5C studi kasus Kredit Modal Kerja Multi Guna (KMK-MG) pada Bank Nagari Cabang Sawahhlnto peiode 2016-2019. Tugas Akhir ini menggunanakan data sekunder yang diperoleh dari Bank Nagari Cabang Sawahlunto. Metode analisis yang digunakan pada Tugas Akhir ini adalah analisis kredit macet berdasarkan prinsip 5C. Kata kunci : Prinsip 5C, Kredit Modal Kerja Multi Guna (KMK-MG), Penyelesaian Kredit Macet

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra Leli Sumarni, MS, MSi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam
Depositing User: d3 keuangan perbankan
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:48
Last Modified: 14 Jul 2020 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59405

Actions (login required)

View Item View Item