EFEK LEVEL PROTEIN PADA PERIODE PEMULIHAN SETELAH PEMBERIAN SERAT KASAR TINGGI TERHADAP INTAKE ENERGI, KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK KAMANG

Yanni, Ramadhani (2020) EFEK LEVEL PROTEIN PADA PERIODE PEMULIHAN SETELAH PEMBERIAN SERAT KASAR TINGGI TERHADAP INTAKE ENERGI, KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK KAMANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

EFEK LEVEL PROTEIN PADA PERIODE PEMULIHAN SETELAH PEMBERIAN SERAT KASAR TINGGI TERHADAP INTAKE ENERGI, KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK KAMANG Yanni Ramadhani dibawah bimbingan DR. Ir. Sabrina, MP dan Prof. Dr. Ir. Husmaini, MP Bagian Teknologi Produksi Ternak, Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian level protein pada periode pemulihan setelah diberi serat kasar tinggi terhadap intake energi, karkas dan lemak abdomen itik kamang. Penelitian ini menggunakan 100 ekor itik Kamang jantan yang ditempatkan pada kandang berukuran (75cm x 60cm x 50cm) sebanyak 20 kotak, masing-masing kotak berisikan 5 ekor itik Kamang jantan. Perlakuan pemberian serat kasar tinggi (12%) dimulai pada minggu ke-2 sampai akhir minggi ke-4 (selama 3 minggu), perlakuan pemberian level protein periode pemulihan dimulai pada awal minggu ke-5 sampai akhir minggu ke-10 (selama 6 minggu). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, setiap unit ulangan terdiri atas 5 ekor. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini adalah pemberian level protein pada periode pemulihan A (Kontrol), B (19%), C (21%), dan D (23%). Variabel yang diamati adalah intake energi, karkas dan lemak abdomen. Hasil analisi ragam menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian SK tinggi (12%) dalam ransum tidak mempengaruhi terhadap intake energi, bobot karkas, persentase karkas dan lemak abdomen pada perlakuan serat kasar. Selama masa pemberian level protein periode pemulihan tidak mempengaruhi terhadap intake energi, bobot karkas, persentase karkas dan lemak abdomen selama masa pemulihan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian beberapa level protein pada periode pemulihan setelah diberi serat kasar tinggi (12%) tidak memperlihatkan pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap intake energi (2634,20-2674,16 kal/g), bobot karkas (845,40-878,20 gram), persentase karkas (62,15%-62,95%) dan lemak abdomen (0,94%-1.05%) itik Kamang jantan. Kata Kunci : Serat kasar, level protein, masa pemulihan, intake energi, karkas, lemak abdomen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. SABRINA, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:49
Last Modified: 10 Aug 2020 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59168

Actions (login required)

View Item View Item