Manajemen Program Pencegahan Dini Dan Penanggulangan Korban Bencana Alam Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang

Cynthia, Fitri Lisandhy (2020) Manajemen Program Pencegahan Dini Dan Penanggulangan Korban Bencana Alam Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Cynthia Fitri Lisandhy, 1510842023, Manajemen Program Pencegahan Dini Dan Penanggulangan Korban Bencana Alam oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padang, Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2020, Dibimbing oleh: Dr. Ria Ariany, SS. M.Si. dan Rozidateno Putri Hanida, S.IP, M.PA, dan Skripsi ini terdiri dari 248 halaman dengan referensi buku teori, 13 buku 7 metode, 3 Skripsi, dan 1 Undang-Undang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Manajemen Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam Oleh Badan Penanggulangan Daerah Kota Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya ancaman potensi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Padang dan masih rendahnya tingkat kesiapsiagaan masyarakat Kota Padang dalam menghadapi potensi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami. Program Pencegahan Dini Dan Penanggulangan Korban Bencana Alam ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dan untuk mengurangi tingkat risiko yang ditimbulkan oleh bencana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teori fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan Ricky W.Griffin. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam Oleh Badan Penanggulangan Daerah Kota telah dilakukan dengan cukup baik meskipun dalam pelaksanaanya masih belum optimal. Hal tersebut dapat dibuktikan dari terbatasnya anggaran dimana kegiatan penyediaan rambu-rambu evakuasi yang masih belum mencukupi kebutuhan daerah zona merah di Kota Padang dan kurangnya keterlibatan actor yang terlibat dalam hal perencanaan, kurangnya jumlah SDM dari segi kualitas dan kuantitas, dan koordinasi eksternal yang belum begitu baik sehingga pada beberapa kegiatan tidak tercapai tujuannya. Selain itu adanya komunikasi yang kurang baik antara bawahan dengan atasan dimana kurang diterimanya feedback yang berupa masukan dan saran dari bawahan oleh atasan dan tidak dilakukan perubahan atau tindakan perbaikan atas penyimpangan atau hambatan yang terjadi pada setiap pelaksanaan kegiatan yang membuat kesalahan yang sama terjadi kembali ditahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ria Ariany, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen, Bencana, Program, Pencegahan Dini, Penanggulangan Korban, Bencana Alam
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:25
Last Modified: 09 Jul 2020 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57849

Actions (login required)

View Item View Item