Analisis Tuturan Penderita Gangguan Hyperekplexia secara Neuropragmatik: Studi Kasus pada Video Mpok Atiek (M.A.) di YouTube

ANISA, NURJANAH (2020) Analisis Tuturan Penderita Gangguan Hyperekplexia secara Neuropragmatik: Studi Kasus pada Video Mpok Atiek (M.A.) di YouTube. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover, Abstrak)
COVER,ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
FULL TESIS ANISA NURJANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis reaksi hyperekplexia (latah) verbal yang ditunjukkan oleh Mpok Atiek (M.A.) dan apa saja fungsi dari tuturan-tuturan yang diproduksi oleh M.A.tersebut. Reaksi atau tuturan tersebut dianalis menggunakan teori yang dikemukakan oleh Kompoliti dan Metman untuk menguraikan jenis reaksi latah verbalnya, kemudian penulis juga menggunakan teori dari Searle untuk menentukan fungsi-fungsi dari tuturan M.A. Jenis penelitian ini ialah desriptif kualitatif. Pada tahap pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi nonpartisipasi. Kemudian pada tahap analisis data digunakan metode penelitian kualitatif dengan tiga alur kegiatan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Selanjutnya setiap tuturan yang diproduksi oleh M.A. ketika mengalami hyperekplexia dikategorikan ke dalam beberapa jenis hyperekplexia verbal dan kemudian diklasifikasikan pula fungsi dari tuturan tersebut. Hasil analisis data dideskripsikan sesuai dengan temuan yang didapatkan. Sumber data dalam penelitian ini ialah video-video M.A. yang ada di Youtube dengan datanya berupa tuturan yang diindikasikan sebagai tuturan yang mengandung reaksi hyperekplexia yang dituturkan oleh M.A. Berdasarkan analisis data, reaksi latah verbal yang ditunjukan oleh M.A. dapat dibagi menjadi lima jenis yakni echolalia (mengulangi tuturan orang lain), palilalia (mengulangi tuturan sendiri), coprolalia (memproduksi kata-kata tabu), animalalia (memproduksi nama-nama hewan), dan sounding (memproduksi bunyi-bunyian). Reaksi latah verbal yang ditunjukan oleh M.A. didominasi oleh tuturan yang memiliki fungsi ekspresif terkejut yang menggambarkan kondisi psikologis penderita latah ketika dikejutkan. Penulis juga menemukan tuturan yang memiliki fungsi asertif, direktif, dan komisif.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Dusdi Sastra,M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu linguistik
Date Deposited: 29 Jan 2020 11:29
Last Modified: 29 Jan 2020 11:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56963

Actions (login required)

View Item View Item