PENGARUH PROFITABILITAS, SALES GROWTH, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018

Rahma, Tri Lestari (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, SALES GROWTH, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE PADA PERUSAHAAN PROPERTY, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI BANGUNAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas, sales growth, dan good corporate governance terhadap tax avoidance. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, sales growth, dan good corporate governance. Profitabilitas diukur menggunakan rasio Return On Assets, sales growth diukur dengan sales growth rate, dan good corporate governance diukur dengan menggunakan 3 indikator yaitu komisaris independen, kepemilikan institusional, dan komite audit. Variabel dependen pada penelitian ini adalah tax avoidance yang diukur dengan Tax Avoidance Rate (TAR). Penelitian ini merupakan penelitian ulang karena adanya ketidakkonsistenan dari penelitian sebelumnya. Perbedaan dengan penelitian sebelumnya terdapat pada pengukuran tax avoidance, yaitu menggunakan TAR. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor property, real estate, dan konstruksi bangunan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh sampel 15 perusahaan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara profitabilitas dengan tax avoidance. Sedangkan pada good corporate governance terdapat hubungan negatif antara kepemilikan institusional dan komite audit dengan tax avoidance. Namun pada variabel sales growth dan komisaris independen tidak memiliki pengaruh terhadap tax avoidance. Terdapat keterbatasan dalam penelitian ini, yaitu pada sampel yang digunakan. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan perusahaan pada sektor lainnya. Selain itu, periode penelitian sebaiknya lebih panjang sehingga perusahaan yang dijadikan sebagai sampel dapat lebih banyak dan dapat melihat apakah temuan penelitian ini konsisten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aries Tanno, SE, M.Si, Ak, CA
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Profitability, Sales Growth, and Good Corporate Governance
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 28 Jan 2020 15:08
Last Modified: 28 Jan 2020 15:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56796

Actions (login required)

View Item View Item