ANALISIS MODAL SOSIAL PADA PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PENGOLAHAN BERBASIS PANGAN LOKAL DI KOTA PAYAKUMBUH

Elviati, Elviati (2019) ANALISIS MODAL SOSIAL PADA PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) PENGOLAHAN BERBASIS PANGAN LOKAL DI KOTA PAYAKUMBUH. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
Pendahuluan .pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img] Text (disertasi full text)
Disertasi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Beberapa persoalan yang dihadapi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu keterbatasan modal finansial, minimnya teknologi dan kurangnya keterampilan serta lemahnya akses terhadap pasar. Mengatasi masalah itu maka modal sosial dipandang mampu untuk meningkatkan kegiatan produktif pemasaran hasil usaha. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis karakteristik dimensi modal sosial pada pelaku usaha mikro kecil dan menengah, (2) menganalisis pengaruh modal sosial terhadap pemasaran, (3) menganalisis upaya membangun modal sosial untuk meningkatkan pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui survey, wawancara mendalam, dan observasi lansung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey yang melibatkan 98 responden pelaku UMKM yang bergerak dalam pengolahan pangan lokal. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaku UMKM memiliki serangkain modal sosial untuk kegiatan pemasaran produk seperti kepercayaan, norma, jaringan, dan yang paling menonjol ada pada jaringan, hal ini dikarenakan pelaku usaha mengharapkan tingkat penjualan yang tinggi. Keberadaan modal sosial ini mampu mendorong pemecahan masalah pemasaran yang terjadi selama ini, yaitu jangkauan pemasaran. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa semua unsur modal sosial (kepercayaan, norma dan jaringan) secara serempak berpengaruh terhadap pemasaran, hal ini dilihat dari nilai R square = 0,523 dengan nilai Uji F hit 34,343 sedangkan nilai uji t terlihat semua variabel independent secara individu berpengaruh terhadap pemasaran. Pelaku UMKM yang mampu membangun modal sosial mampu menjaga kelansungan pemasaran untuk kelansungan usaha. Struktur sosial yang ada pada pelaku UMKM mampu dimanfaatkan dalam meningkatkan pemasaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof.Ir.Yonariza, MSc, PhD
Uncontrolled Keywords: modal sosial, UMKM, pemasaran, pelaku usaha, jaringan, norma, kepercayaan, struktur sosial
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: S3 Ilmu-Ilmu Pertanian
Date Deposited: 28 Jan 2020 15:01
Last Modified: 28 Jan 2020 15:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56783

Actions (login required)

View Item View Item