Esterifikasi Metil Palmitat Minyak Sawit Sebagai Alternatif Minyak Isolasi

Khahlil, Qibran (2020) Esterifikasi Metil Palmitat Minyak Sawit Sebagai Alternatif Minyak Isolasi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover da abstrak.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Khahlil Qibran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Transformator memiliki banyak bagian, salah satunya adalah minyak transformator. Minyak transformator yang digunakan adalah minyak mineral. Sedangkan minyak mineral memiliki banyak kekurangan yaitu dapat habis dalam kurun waktu tertentu dan tidak ramah lingkungan. Alternatif untuk isolasi pada transformator salah satunya adalah minyak nabati. Hal ini dikarenakan minyak nabati termasuk sumber daya alam yang terbaharukan dan juga bersifat biodegradable. Minyak nabati yang digunakan adalah minyak sawit, yang didalamnya banyak mengandung asam palmitat sebanyak 44%. Metanol merupakan alcohol rantai pendek yang mudah didapatkan. Proses esterifikasi asam palmitat dengan metanol akan menghasilkan ester, yaitu metil palmitat. Dengan merujuk pada standar ASTM D6871 akan dilakukan pengujian beberapa parameter. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian secara listrik, fisika dan kimia. Hasil penelitian menunjukkan tegangan tembus, massa jenis, dan viskositas telah memenuhi standar. Dimana tegangan tembus metil palmitat didapatkan 38,3 kV, massa jenisnya sebesar 0,8568 g/cm3, dan viskositas sebesar 2,1518 cSt. Sedangkan untuk angka keasaman, kandungan air, dan stabilitas oksidasi belum memenuhi standar minyak isolasi. Angka keasaman didapatkan 0,4032 mgKOH/g, kandungan air metil palmitat 501 ppm, dan untuk stabilitas oksidasi masih terlalu tinggi dibandingkan MO dengan angka peroksida metil palmitat mencapai 0,1349 meqperoksid/kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng. Abdul Rajab
Uncontrolled Keywords: Metil Palmitat, Tegangan Tembus, Massa Jenis, Viskositas, Angka Keasaman, Kandungan Air, Stabilitas Oksidasi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 28 Jan 2020 12:16
Last Modified: 28 Jan 2020 12:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56736

Actions (login required)

View Item View Item